Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 19 Oktober 2017

Warga Bandung Ingin Kerja Di Jepang? Segera Daftar Ke Kadin

Ilham Budhiman Selasa, 16/05/2017 14:06 WIB
Warga Bandung Ingin Kerja di Jepang? Segera Daftar ke Kadin
Pekerja asing di Jepang
Nikkei

Bisnis.com, BANDUNG -- Bagi warga Bandung yang ingin kerja di Jepang, kini Pemerintah Kota Bandung bersama Kadin Kota Bandung memberi peluang setelah melakukan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan di Jepang.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau Emil mengatakan, pihaknya telah meneken kerja sama tersebut di Tokyo beberapa waktu yang lalu guna menyalurkan tenaga kerja Indonesia khususnya Bandung di negara Sakura tersebut.

"Jadi kita diberi jatah 1.200 pekerja warga Bandung per tahun untuk dikirim magang dan bekerja selama tiga sampai lima tahun di sana," kata Emil di Balai Kota Bandung, Selasa (16/5)

Emil menyebut, program pengiriman tenaga kerja tersebut didasari karena negara Jepang sedang kesulitan sumber daya manusia. Selain itu, kata Emil, para pekerja asal Bandung akan mendapatkan pengalaman soal budaya kerja yang diterapkan warga Jepang.

"Ini biar warga Bandung naik kelas. Biar tahu soal kedisiplinan, kerja dengan standar internasional, hingga suatu saat bila kembali ke Bandung akan memberi dampak ekonomi lokal bila jadi entrepreneur," kata Emil.

Dengan 113 bidang pekerjaan yang tersedia seperti industri, pertanian dan jasa, Emil menekankan bahwa tenaga kerja yang dikirim harus belajar atau memiliki keterampilan terutama berbahasa Jepang. Hal itu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Makanya pemerintah Jepang mensyaratkan pelatihan bahasa karena pernah ada korban yang disebabkan komunikasi yang tidak jalan," katanya.

Emil pun menyampaikan bagi warga Bandung yang berminat kerja di Jepang untuk segera menghubungi Kadin Kota Bandung di Jalan Talagabodas.

"Program ini sudah dimulai semester ini di tahun 2017. Jadi bagi warga Bandung yang ingin kerja ke Jepang dan ingin punya pengalaman, silakan daftar ke Kadin Bandung," ujarnya.

Emil pun menyebut bahwa kerja sama ini murni bersifat b to b atau business to business. "Ya program pengiriman ini murni b to b," kata Emil.

Apps Bisnis.com available on: