Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 18 Oktober 2017

Cimahi Prioritaskan IKM Terus Tumbuh

Hedi Ardia Senin, 15/05/2017 14:47 WIB
Cimahi Prioritaskan IKM Terus Tumbuh
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, CIMAHI - Sekalipun kontribusinya masih kalah dibandingkan industri besar, Pemkot Cimahi mengaku justru akan mendorong bertumbuhnya Industri Kecil Menengah (IKM) karena bersentuhan langsung ekonomi mayoritas masyarakat.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Cimahi, Adet Candra Purnama mengatakan, sektor penyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Cimahi masih didominasi oleh industri baik besar ataupun kecil menengah. Hanya, industri kecil menengah tidak eksplisit sumbangsihnya.

Di Kota Cimahi, jumlah IKMnya ada 846 yang meliputi industri tekstil, makanan, minuman, craft dan telematika. Sedangkan industri besar mencapai 421, di antaranya industri makanan minuman, logam, industri aneka craft dan tekstil.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cimahi, laju pertumbuhan ekonomi Kota Cimahi tahun 2015 sebesar 5,43% atau bisa dikatakan masih tumbuh dengan baik.

"Bagusnya kalau jumlah presentasi pertumbuhan PDRB antara industri besar dengan industri kecil menengah itu dipisahkan," katanya, kepada wartawan, Senin (15/5/2017).

Sumbangsih dari IKM memang secara langsung bisa dilihihat berdasarkan angka, tapi secara tidak langsung, IKM di Cimahi memiliki pengaruh banyak terhadap perekonomian. Untuk besaran pengaruhnya, belum bisa diperesentasikan langsung. Pasalnya, persentasi pertumbuhannya masih menyatu dengan industri skala besar.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Cimahi, Euis Djuliati menambahkan, bahwa IKM ini memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi di Cimahi.

"Dengan keterbatasan potensi Sumber Daya Alam (SDA), membuat kita maksimalkan sumber daya manusianya,"paparnya.

Apps Bisnis.com available on: