Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 30 Mei 2017

Tunggakan Premi BPJS Kesehatan Cimahi Rp16,7 Miliar

Hedi Ardia Senin, 15/05/2017 14:25 WIB
Tunggakan Premi BPJS Kesehatan Cimahi Rp16,7 Miliar
BPJS Kesehatan
Antara

Bisnis.com, CIMAHI - BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kota Cimahi mencatat jumlah tunggakan premi yang belum dibayarkan peserta hingga kini mencapai Rp16,7 miliar. Berbagai upaya dilakukan BPJS untuk menyadarkan peserta mengenai kewajibannya tersebut termasuk dengan mengaktifkan kader JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Yudha Indrajaya mengungkapkan, jumlah tunggakan tersebut merupakan akumulasi. Guna menekan tunggakan tersebut, pihaknya telah mengaktifkan 20 kader Jaminan Kesehatan Nasional/Kartu Indonesia Sehat (JKN/KIS).

"Kader tersebut menjadi kepanjangan tangan BPJS Kesehatan di lapangan untuk mengingatkan dan menagih peserta penunggak iuran langsung door to door," katanya, kepada wartawan, Senin (15/5/2017).

Kader JKN/KIS itu bertugas menyisir masyarakat penunggak iuran untuk tiap wilayah Kota Cimahi dan Kab Bandung Barat. Selain itu, mereka pun bisa membantu masyarakat dalam memperoleh informasi terkait program serta memastikan peserta senantiasa membayar iuran tepat waktu.

Bagi BPJS Kesehatan pembentukan Kader JKN-KIS adalah sebagai upaya memperluas dan meningkatkan jumlah kepesertaan serta meningkatkan kolektabilitas iuran BPJS Kesehatan.

Dia menyebutkan, saat ini jumlah peserta BPJS Kesehatan Cimahi mencapai 1,3 juta jiwa. Dengan 60% diantaranya merupakan warga Cimahi. Khusus, pada tahun ini pihaknya mendapatkan target penambahan peserta sebanyak 250.000 jiwa.

"Sampai kuartal I-2017 kami baru mencapai 36.000 jiwa. Memang besar, makanya akan bekerja keras dengan berkoordinasi dengan sejumah pihak seperti pemda dan perusahaan-perusahaan," ucapnya.

Apps Bisnis.com available on: