Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 22 November 2018

KAI Kembali Lakukan Pembongkaran Demi Kereta Cepat

Hedi Ardia Senin, 15/05/2017 13:35 WIB
KAI Kembali Lakukan Pembongkaran Demi Kereta Cepat
Penertiban di Desa Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat

Bisnis.com, NGAMPRAH - Untuk mendukung pelaksanaan proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah operasi 2 Bandung kembali melaksanakan penertiban di Desa Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Manager Humas Daop 2 Bandung Joni Martinus mengungkapkan, penertiban yang dilakukannya ini merupakan penertiban kedua kalinya setelah pada pekan sebelumnya ditertibkan sebanyak 69 bangunan yang sebagian besar sudah dibongkar sendiri oleh warga.

"Untuk penertiban hari ini, tim Penertiban Aset Daop 2 akan kembali menertibkan sebanyak 55 bangunan yang terletak di Desa Gadobangkong Km 143 + 200 sampai dengan Km 143 + 800," katanya, kepada wartawan, Senin (15/5/2017).

Jumlah personil yang diturunkan sebanyak 400 orang yang terdiri dari gabungan pegawai PT KAI Daop 2, TNI, Polri, Satpol PP Kab Bandung Barat, dan Damkar dengan mnggunakan 1 unit alat berat Bekho.

Joni memastikan seluruh masyarakat yang terkena penertiban tesebut mendapatkan uang bongkar dan biaya angkut sehingga sebagian besar sudah membongkar sendiri bangunannya dan tidak ada perlawanan dari yang bersangkutan.

"Mereka sudah menerima uang bongkar dan biaya angkut serta sudah membongkar bangunannya untuk mengambil bagian-bagian yang masih bisa dimanfaatkan," ucapnya.

Sesuai peraturan Direksi PT KAI, uang ganti yang diberikan sebesar Rp250.00 per meter persegi untuk bangunan permanen dan Rp200.000 untuk bangunan semi permanen. Total bangunan yang ditertibkan di Desa Gadobangkong adalah 124 bangunan atau secara keseluruhan seluas 7.505,93 meter persegi.

"Setelah ini, di rencanakan pada Sabtu 20 Mei akan kita tertibkan di Cilame. Pada Kamis 18 Mei kita akan mnertibkan di Kertamulya sebanyak 11 bangunan stara dengan 461,46 meter persegi," ucapnya.