Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 20 Agustus 2017

Kabupaten Bandung Bidik 6 Juta Wisatawan

Hedi Ardia Rabu, 10/05/2017 14:20 WIB
Kabupaten Bandung Bidik 6 Juta Wisatawan
Lakeside Glamping, objek wisata andalan terbaru di Kabupaten Bandung
Instagram

Bisnis.com, SOREANG - Pada tahun ini, Pemkab Bandung melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung (Disparbud) menargetkan kunjungan 6 juta wisatawan baik lokal maupun mancanegara (wisman).

Kepala Bidang Pemasaran Disparbud, Vena Andriawan menyatakan, potensi wisata di Kabupaten Bandung sangatlah besar. Dari jumlah kunjungan wisatawan di salah satu objek wisata pada Februari 2017 lalu berhasil menyedot 57.000 wisatawan dalam rentang waktu dua pekan.

"Kalau dihitung dari Januari sampai Mei sudah lebih dari 3 juta (wisatawan). Banyak objek wisata baru seperti Glamping, Ciwidey Valley dan lain-lain di Kabupaten Bandung yang menarik kunjungan," katanya, Rabu (10/5/2017).

Dia menyebutkan, saat ini ada 30 objek wisata yang telah terdata. Tidak menutup kemungkinan, jumlah tersebut bisa bertambah hingga 60 objek wisata apabila pendataan kembali dilakukan.

Mayoritas objek wisata yang ada di Kab Bandung milik Perhutani, PTPN, Indonesia Power dan BKSDA. Meski begitu, pihaknya melakukan pendataan termasuk PHRI (Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia) dan pengelolanya. Karena kebanyakan objek wisata di Kabupaten Bandung bukan milik pemda.

Perihal objek wisata di dalam negeri yang menjadi favorit masyarakat, menurutnya masih ditempati Bali dengan Australia menjadi wisman terbanyak yang berkunjung ke Pulau Dewata itu.

"Mereka yang datang ke Bali juga bisa datang ke Bandung lewat kerjasama airline, paket wisata dari Bali ke Bandung misalnya, kita juga bekerjasama dengan ASITA (Asosiai Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia) di beberapa daerah yang lain, karena tourisme ini tak akan pernah mati," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: