Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 20 Agustus 2017

Tips Bagi Anda Yang Memiliki Anak Buah Berusia Lebih Tua

Ilham Budhiman Rabu, 10/05/2017 08:57 WIB
Tips bagi Anda yang Memiliki Anak Buah Berusia Lebih Tua
(reuters)

Bisnis.com, BANDUNG -- Bila Anda memiliki karier yang melesat cepat selagi muda, cepat atau lambat Anda akan mengalami hal yang mungkin tidak Anda bayangkan yakni memiliki bawahan yang berusia lebih tua dari Anda.

Dilansir Business Insider, hal itu bisa menjadi canggung dan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan gesekan di tempat kerja apabila Anda menganggapnya sepele.

Penasihat kekayaan di Traust Sollus Wealth Management di New york, David Isaacs, berpendapat hal tersebut sebenarnya bisa dengan mudah diatasi dengan beberapa cara.

Menurut dia, Anda harus bisa selangkah lebih maju dari mereka yang lebih tua, khususnya dalam hal komunikasi. Mereka mungkin menganggap Anda manja atau sombong karena usia lebih muda, tapi hal tersebut harus disikapi dengan bijak.

"Rekomendasi saya adalah mencoba untuk lebih intensif dalam komunikasi dengan tim," ujarnya.

"Semua orang melihat situasi melalui lensa masa lalu, jadi pengalaman mereka akan mendikte bagaimana mereka melihat apa yang terjadi setelah mereka. Kita bisa saling berbicara dan benar-benar mengerti apa yang sedang dikomunikasikan seseorang." tambahnya.

Berikut adalah tips dari Isaacs jika Anda dalam situasi tersebut:

1. Perbaiki komunikasi tim
Salah satu cara untuk meningkatkan pola komunikasi Anda adalah dengan mengikuti pelatihan. Jadi belajar berbicara satu sama lain dan menghargai sudut pandang masing-masing sangat berharga dalam mengurangi gesekan di tempat kerja.

2. Perhatikan pendapat yang berbeda
Tidak ada yang sempurna. Isaacs mengatakan, selalu ada yang baru untuk kita pelajari dan selalu ada orang lain yang memikili pengalaman yang berbeda dan selalu ada orang lain yang memiliki pengalaman berbeda dengan Anda.

"Mungkin Anda masih akan melakukan apa yang Anda inginkan, tapi mungkin juga tidak, mungkin ada kemungkinan lain yang tidak Anda pikirkan," kata Isaacs.

3. Komunikasikan bagaimana mereka ingin dikelola
Tidak semua orang ingin dikelola dengan cara yang sama. Karena itu menurut dia, hal yang pertama yang harus ditanyakan saat memimpin tim adalah, dengan cara apa mereka ingin di kelola.

Anda hanya perlu memfasilitasi pekerjaan mereka, dan tidak perlu mengatur mereka hingga hal-hal yang detail.

"Apa yang bisa saya lakukan untuk memfasilitasi produktivitas dan kemajuan Anda?'" Kata Isaacs. "Anda hanya perlu memfasilitasi pekerjaan mereka. Anda tidak perlu melakukan mengatur mereka, kecuali jika Anda ingin Anda melakukan itu." jelasnya.

Apps Bisnis.com available on: