Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 18 Oktober 2017

Tingkatkan Administrasi Publik, Pemkot Gandeng Kejaksaan

Hedi Ardia Selasa, 09/05/2017 18:40 WIB
Tingkatkan Administrasi Publik, Pemkot Gandeng Kejaksaan
Pemkot Cimahi

Bisnis.com, CIMAHI - Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan administrasi di dalam struktur pemerintahannya, Pemkot Cimahi melaksanakan penandatanagan Kesepahaman (MoU) dengan Kejaksaan Negeri Kota Cimahi, yang berlangsung di Aula Gedung A, Komp. Perkoantoran Pemkot Cimahi, Selasa (9/5/2017).

MoU ini sebelumnya pernah dibuat oleh Pemkot Cimahi dengan Kejaksaan Negeri Cimahi pernah dilaksanakan dari tahun 2012 dan berakhir pada 2017 ini. Kerjasama tersebut dianggap perlu dilanjutkan.

Pelaksana tugas Walikota Cimahi Sudiarto menyatakan, ruang lingkup dari nota kesepahaman ini meliputi beberapa hal penting, khususnya berkenaan dengan penyelesaian permasalahan di bidang hukum perdata dan hukum tata usaha negara di lingkungan Pemda Kota Cimahi yang meliputi bantuan hukum, pertimbangan hukum, pelayanan hukum, dan tindakan hukum lainnya.

Tindak lanjut dari kesepatan itu akan diatur secara lebih teknis dan lebih operasional melalui perjanjian-perjanjian kerjasama yang dilaksanakan oleh dinas teknis Pemkot dan Kejaksaan Negeri Cimahi dalam bentuk naskah pelaksanaan teknis kegiatan yang merupakan bagian dari satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari nota kesepahaman ini.

"Kami sendiri menyadari pentingnya penyelarasan seluruh ketentuan dan peraturan yang telah dikeluarkan sesuai dengan UUD 1945, sehingga terbangun hierarki dan tertib penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik," ujarnya.

Lebih lanjut dirinya berharap penandatanganan nota kesepahaman akan meningkatkan kualitas dan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah, khususnya dalam aspek hukum.

"Giliran berikutnya bisa menghapus stigma buruk yang selama ini melekat di benak publik terhadap pemerintahan-pemerintahan daerah di seluruh Indonesia yang dianggap tidak credible, tidak accountable dan sarat dengan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN)," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: