Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 22 Januari 2018

Penelitian: Bekerja Dari Jauh Tingkatkan Produktivitas

Ajijah Jum'at, 28/04/2017 11:02 WIB
Penelitian: Bekerja dari Jauh Tingkatkan Produktivitas
Ilustrasi
Lauckgroup

Bisnis.com, BANDUNG - Bekerja dari jauh meningkatkan produktivitas melalui perubahan suasana yang diperlukan para pebisnis.

Menurut penelitian terbaru yang diselenggarakan oleh Regus, penyedia ruang kerja fleksibel, empat dari lima (85%) pekerja yang mengalami gejala demam kabin mendapatkan kelegaan dengan mengganti lingkungan kerja mereka.

Untuk mengetahui sejumlah alasan mengapa semakin banyak orang yang memilih untuk bekerja dari jauh, Regus melakukan penelitian yang mencakup lebih dari 200 pebisnis di Indonesia dan menemukan bahwa, selain meningkatkan produktivitas, bekerja dari jauh juga membantu pekerja untuk berkonsentrasi (77%).

Istirahat dari lingkungan kerja biasa dapat memperbarui fokus, dan membantu pekerja mobile menyelesaikan daftar pekerjaan mereka tanpa gangguan dari rekan-rekan mereka maupun dering telepon.

Kerja fleksibel juga ditemukan dapat meningkatkan kualitas jadwal perjalanan (80%), karena para pekerja jarak jauh menghabiskan lebih sedikit waktu dalam perjalanan. Dan pekerja mobile bukan hanya tidak perlu bersesak-sesakan dalam perjalanan, mereka juga memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai dengan keluarga (80%) di akhir hari yang sibuk.

Temuan penting lainnya:

- 84% Pebisnis mengatakan bahwa bekerja dari jauh membantu mereka lebih dekat dengan klien atau prospek untuk pertemuan penting;

- Manajer bisnis dan direktur di Indonesia melaporkan bahwa mereka berencana untuk memberi tim mereka satu sampai dua hari untuk bekerja dari jarak jauh tahun depan (41%).

“Biasanya, ada praduga bahwa manajer bisnis ragu-ragu dalam memperbolehkan karyawan bekerja dari jauh," komentar Andy Harsanto, Regus Country Manager untuk Indonesia, dalam rilisnya, Jumat (28/4/2017).

Oleh karena itu, katanya, cukup mengejutkan bahwa para manajer menyadari dampak positif bekerja dari jauh pada tenaga kerja mereka. Menawarkan karyawan kemungkinan bekerja dari jauh, bahkan hanya untuk beberapa hari dalam seminggu, meningkatkan level produktivitas serta kesejahteraan mereka.

"Motivasi lain bagi direksi adalah bekerja dari jauh memberikan jangkauan yang lebih luas bagi perusahaan. Bersamaan dengan pertumbuhan bisnis, kedekatan dengan klien dan prospek sangat diperlukan tetapi juga mahal. Bekerja fleksibel memungkinkan perusahaan untuk memiliki keberadaan di lokasi yang berbeda, bertemu prospek pelanggan atau pemasok, dengan sedikit tambahan biaya saja."

Apps Bisnis.com available on: