Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 30 Mei 2017

4 Toko Ritel Modern Cimahi Kantongi Sertifikat Jaminan Mutu

Hedi Ardia Selasa, 25/04/2017 19:45 WIB
4 Toko Ritel Modern Cimahi Kantongi Sertifikat Jaminan Mutu
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, CIMAHI - Empat toko ritell modern di Kota Cimahi mendapatkan sertifikat Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan dari Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Perwakilan Bandung.

Kepala BKIPM Perwakilan Bandung Dedy Arief Hendriyanto menyatakan, sertifikat tersebut dimaksudkan untuk memberikan kepastian produk ikan dan olahannya dikelola dengan cara yang benar dan layak konsumsi oleh masyarakat. Untuk mendapatkan sertifikat ritel tersebut harus diuji lewat laboratorium terhadap produk ikan yang dijual.

"Ketika dalam pengujian dinyatakan aman, maka akan diberikan sertifikat. Sertifikasi ini memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa ikan yang dijual segar dan tidak mengandung berbagai zat kimia berbahaya," katanya, kepada wartawan, Selasa (25/4/2017).

Menurutnya, penyerahan sertifikat merupakan rangkaian kegiatan dalam Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan 2017 dengan tema " Gema Satu Kata", atau Gerakan Sadar Mutu dan Karantina. Untuk ikan olahannya pun dilakukan penilaian good handling practices.

Pemeriksaan terhadap ritel dilakukan secara berkala yakni sebulan sekali. Dengan upaya itu, diharapkan pemilik ritel selalu menjaga kualitas produknya tetap sehat dan layak konsumsi. Tidak menutup kemungkinan setelah mendapatkan sertifikat terdapat ikan yang dijual mengandung zat berbahaya.

"Sertifikat yang diberikan ini berlaku untuk enam bulan, tapi pemeriksaan dilakukan setiap bulan," ucap Dedy.

Plt Wali Kota Cimahi Sudiarto mengatakan, dengan sertifikat itu diharapkan memberikan ketenangan bagi masyarakat yang mengkonsumsi ikan. Meski begitu, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Cimahi masih rendah.

"Pemerintah harus sampaikan ke masyarakat bahwa makan ikan banyak manfaatnya. Tidak perlu makan daging terus, bisa diganti ikan," katanya.

Apps Bisnis.com available on: