Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 20 September 2018

Bangun Kawasan Industri, Subang Ingin Kejar Ketertinggalan

Wisnu Wage Selasa, 25/04/2017 09:45 WIB
Bangun Kawasan Industri, Subang Ingin Kejar Ketertinggalan
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG--Rencana Subang membangun kawasan industri diprediksi mendongkrak perekonomian kawasan di Pantura tersebut.

Ketua DPRD Subang Beni Rudiono mengatakan saat ini pihaknya bersama Pemkab tengah menyusun sejumlah revisi di Perda RTRW Subang guna mengakomodasi berbagai pembangunan penunjang Patimban.

"Di RTDTR ada beberapa kelemahan, kita ingin kekosongan lain bisa dikembangkan untuk kawasan industri," katanya kepada Bisnis, Selasa (25/4/2017).

Menurutnya dalam revisi RTRW pihaknya berharap selain pelabuhan ada ruang permanen yang tidak bisa diubah lagi untuk kepentingan bangkitan ekonomi. " Patimban ini sangat memungkinkan adanya sebuah kota. Ada industri, perumahan kita ingin seperti itu," tuturnya.

Beni memandang status pelabuhan Patimban yang akan melayani ekspor impor kepentingan industri sepanjang utara Jabar memungkinkan tumbuhnya kota satelit dan kawasan industri.

"Awalnya butuh pergudangan, tapi industri kebutuhan penunjang harus ada karena itu ini bisa jadi kota satelit. Jangan berubah lagi RTRW-nya," katanya.

Dari pemotretan di lapangan, lima kawasan industri yang direncanakan menurutnya cocok karena merupakan lahan kering dan bukan lahan pertanian. Sementara untuk kawasan hijau sudah dipetakan ada di wilayah selatan. "Tanahnya masih cukup luas, kami ingin Subang mengejar ketertinggalan dari Purwakarta dan Karawang," ujarnya.

Menurutnya lahan di lima kecamatan tersebut juga pertaniannya sudah tidak produktif karena sudah tercampur garam dari tambak. "Termasuk di sana ada ribuan tanah timbul kita bisa manfaatkan potensi tersebut. Jadi Patimban sangat strategis buat kami," pungkasnya.