Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 25 Juni 2017

Hermawan: Tenaga Penjual Jangan Merusak Reputasi Perusahaan

Hedi Ardia Jum'at, 21/04/2017 14:33 WIB
Hermawan: Tenaga Penjual Jangan Merusak Reputasi Perusahaan
Hermawan Kartajaya

Bisnis.com, BANDUNG - Pakar marketing dunia sekaligus Founder & Chairman MarkPlus Inc, Hermawan Kartajaya mengingatkan agar tenaga penjual memperhatikan sejumlah cara agar langkah yang dilakukannya tidak justru merusak reputasi perusahaan.

"Seorang tenaga penjual kerap diberikan target yang sangat tinggi sehingga mereka akan melakukan berbagai cara untuk mencapainya. Berbagai cara yang mereka lakukan seringkali tidak etis bahkan merusak citra perusahaan ini harus dihindari," kata Hermawan pada kegiatan Indonesia Marketeers Festival (IMF) 2017, Jumat (21/4/2017).

IMF tahun ini mengusung tema “WOW To WIN: Cara Jitu Sales & Promotion”. Menurut Hermawan, pemahaman mengenai cara menjadi tenaga penjual yang baik sangatlah perlu dilakukan sehingga performa tenaga penjual lebih meningkat.

"Cara tersebut saya rangkum ke dalam 7 T yaitu Territory, Targeting, Tactic, Tangible, Technology, Team & Trust," ucapnya.

IMF 2017 merupakan festival marketing yang menghadirkan para jawara pemasaran lokal untuk berbagi strategi jitu dalam meningkatkan sales dan memaksimalkan fungsi promosi di setiap kota di Indonesia.

Lewat acara IMF para tenaga penjual dari berbagai perusahaan juga dapat bertemu dan saling bertukar pikiran. Pasalnya, membahas secara detail mengenai sales, tempat orang sales saling bertemu dan membangun network, serta sarana untuk menunjukan kompetensi melalui penghargaan Sales and Promotion of The Year.

Sales and Promotion of The Year sendiri adalah penghargaan yang diberikan kepada sales person & field marketing (tim pelaksana) yang dinominasikan oleh perusahaannya dengan penilaian productivity, creativity dan entrepreneurship.

Event ini juga menjadi ajang penganugerahan penghargaan bergengsi Marketeer of The Year 2017 dari setiap daerah. Marketeers of The Year 2017 untuk Kota Bandung diraih oleh Ahmad Irfan dari BJB sebagai perbankan komersial.

Marketeer of The Year merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang berhasil menerapkan ‘marketing spirit’ secara luar biasa yang membawa dampak positif bagi perusahaan, masyarakat, dan juga menjadi teladan bagi para pemasar lainya.

“Di daerah itu banyak sekali marketeer yang bagus, selama ini tidak terlihat karena kita berfokus di nasional. Nah, ini merupakan saat yang tepat untuk memberikan apresiasi bagi yang di daerah”, jelas Hermawan.

Konvoi wisata budaya dilaksanakan pada sore hari sebelumnya, Rabu, 19 April 2017, dengan agenda mengunjungi Saung Angklung Udjo yang menjadi salah satu ikon wisata budaya Kota Bandung. Konvoi ini diikuti oleh sekitar 400 pengendara sepeda motor di Kota Bandung.

Pemilihan Marketeers Brand Ambassador 2017 juga menjadi agenda yang tidak boleh dilewatkan dalam IMF 2017. Marketeers Brand Ambassador 2017 merupakan ajang pencarian brand ambassador profesional yang cerdas, kreatif, dan memiliki semangat dalam pengembangan diri sehingga akan menjadi inspirasi dan ikon anak muda di Indonesia. IMF 2017 juga menghadirkan Golden Moment Photo Contest yang berhadiah tabungan emas dari Pegadaian.

Apps Bisnis.com available on: