Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 19 Agustus 2017

Produsen Bir Denmark Kembangkan Bir Dari Urin Manusia

Ilham Budhiman Jum'at, 21/04/2017 09:52 WIB
Produsen Bir Denmark Kembangkan Bir dari Urin Manusia
Orang-orang mengumpulkan urin di Roskilde Festival
Daily Mail

Bisnis.com, BANDUNG -- Bir menjadi minuman favorit di negara-negara barat sejak lama, maka tak heran selalu muncul inovasi-inovasi baru yang dikembangkan termasuk bir yang tercipta dari urin manusia. 

Dilansir Daily Mail, baru-baru ini produsen bir asal Denmark mengembangkan proyek 'beercycling' yakni mengolah 50.000 liter urin menjadi olahan bir. Bahkan dua tahun lalu produk tersebut sempat disuguhkan pada Roskilde Music Festival, salah satu festival besar di Eropa.

Produk itu adalah hasil kolaborasi antara Danish Agriculture and Food Council dan brewery Nørrebro Bryghus.

“Sama seperti kita melihat toko-toko yang menjual barang-barang yang seharusnya telah dibuang, beercycling memungkinkan kita untuk mendaur ulang produk yang seharusnya dibuang sia-sia,” kata Karen Hækkerup, CEO Danish Agriculture and Food Council.

Sebelumnya produsen bir ini ternyata pernah menggunakan urin binatang. Tahun ini, Nørrebro Bryghus akan menggunakan urin manusia sebagai alternatifnya.

"Ketika berbicara siklus ekonomi, para petani Denmark merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Jika mereka bisa mengubah urin menjadi sebotol bir, mereka pasti bisa mendaur ulang hampir semua hal," ucap Hækkerup.

Sementara itu pemilik pabrik roti bernama Henrik Vang tertarik untuk bekerja sama. "Kami ingin menjadi bagian dari proyek beercycling. Ini sebuah proyek yang membahas tantangan keberlanjutan dan lingkaran ekonomi. Pada dasarnya, ini adalah proyek yang keren." ucapnya.

Bir urin rencananya akan kembali meramaikan industri kuliner Denmark di pertengahan tahun 2017. Pihak The Danish Agriculture and Food Council siap merayakannya karena dinilai baik sebagai terobosan baru dari bentuk pelestarian lingkungan.

Apps Bisnis.com available on: