Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 25 Juni 2017

Hujan Es Melanda Bandung, Ini Kata BMKG

Ilham Budhiman Rabu, 19/04/2017 18:43 WIB
Hujan Es Melanda Bandung, Ini Kata BMKG
Sisa-sisa hujan es di kawasan Dipatiukur Kota Bandung
Twitter

Bisnis.com, BANDUNG -- Hujan lebat melanda sebagian wilayah Kota Bandung pada hari ini Rabu (19/4/17). Hujan lebat tersebut menyebabkan hujan es seperti di terjadi di kawasan Sadang Serang dan Dipati Ukur.

Dikutip dari pernyataan resmi Stasiun Geofisika Bandung, berikut penjelasan terkait kondisi tersebut:

Analisis Sementara Hujan Lebat di Bandung Tanggal 19 April 2017 Berdasarkan citra satelit inframerah himawari-8 jam 13.50 WIB dan 14.00 WIB terdapat tutupan awan konvektif (cumulonimbus) yang tebal dan meluas di atas wilayah Jawa Barat.

Tinggi puncak awan cumulonimbus tersebut dapat mencapai ketinggian lebih dari 5.000 meter dari atas permukaan bumi yang melewati batas titik beku, dengan suhu puncak awan mencapai -44 derajat celcius. Sehingga di beberapa tempat di Kota Bandung terjadi hujan es.

Hal ini dipengaruhi oleh adanya konvergensi (daerah pertemuan angin) yang terbentuk di wilayah Jawa Barat pada tanggal 19 April 2017 pukul 07.00.

Dikutip Antara, prakirawan BMKG Bandung Neneng Sugianto mengatakan ukuran es yang jatuh bervariasi dari butiran kecil hingga sebesar kelereng.

"Hujan es terjadi akibat proses kondensasi yang terlewat dingin hingga mencapai freezing level. Dengan suhu minus 44 derajat Celcius sehingga terbentuk butiran es. Jadi begitu turun ke bawah masih berupa butiran es," kata Neneng.

Sementara itu BMKG memprediksi hujan disertai angin masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Apps Bisnis.com available on: