Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 23 Oktober 2017

Jokowi Segerakan Perpres Bandung Metro Kapsul

Ilham Budhiman Rabu, 12/04/2017 20:34 WIB
Jokowi Segerakan Perpres Bandung Metro Kapsul
Presiden Jokowi saat meninjau Teras Cihampelas
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Sebelumnya Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) mengharapkan Perpres atau Peraturan Presiden Bandung Metro Kapsul segera terbit. Hal itu dibutuhkan salah satunya untuk proses grounbreaking guna percepatan pembangunan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya ke Bandung mengatakan, Perpres tersebut kini tengah dipersiapkan dan akan segera diterbitkan.

"Iya nanti disiapkan (Perpres), sedang disiapkan. Dalam proses perencanaan dan penyiapan untuk kota-kota yang sepadat Bandung, Surabaya, Palembang, Jakarta, Medan dan Makassar yang memang sudah padat," kata Jokowi usai meninjau Teras Cihampelas, Kota Bandung, Rabu (12/4/17).

Menurutnya, transportasi massal sudah seharusnya diterapkan di kota-kota besar tersebut termasuk Bandung. Jokowi berdalih langkah tersebut guna meminimalisir kemacetan.

"Jadi tidak bisa tidak, yang namanya transportasi massal harus disiapkan," ujarnya.

Jokowi mengatakan, apapun jenis transportasi massal tersebut. Setidaknya nanti dapat dijadikan sebagai pengurai permasalahan yang ada salah satunya kemacetan. Saat ini sendiri beberapa daerah kota di Indonesia sudah menerapkan transportasi massal.

"Entah itu MRT, entah LRT, trem, Metro Kapsul, kereta api, ini memang yang akan menyelesaikan kemacetan," pungkasnya.

Saat ini Emil sedang menunggu Perpres Metro Kapsul yang rencananya bila sudah terbit akan melakukan grounbreaking pada bulan Mei nanti.

"Iya Perpersnya kalau dari Kementerian Perhubungan kan sudah beres draftnya. Tinggal ditandatangan saja sama Pak Presiden. Feeling saya harusnya sudah ditandatangani jadi tinggal diterbitkan secara resmi," kata Emil, Senin (10/4/17).

Apps Bisnis.com available on: