Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 25 Juni 2017

Jokowi: Teras Cihampelas Bisa Jadi Percontohan

Ilham Budhiman Rabu, 12/04/2017 13:52 WIB
Jokowi: Teras Cihampelas Bisa Jadi Percontohan
Presiden dan rombongan meninjau Teras Cihampelas
Bisnis/Ilham Budhiman

Bisnis.com, BANDUNG -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau Teras Cihampelas, Jalan Cihampelas, Kota Bandung pada Rabu (14/4/17) sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kerjanya ke Jawa Barat.

Dalam tinjauannya, Jokowi didampingi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil), Wakil Wali Kota Oded M. Danial, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dalam kesempatan, Emil menunjukkan beberapa fasilitas yang tersedia di hadapan rombongan. Sambil berjalan dan meninjau, Jokowi sembari menyalami para Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Teras Cihampelas.

Presiden Jokowi mengapresiasi pembangunan Teras Cihampelas yang dibangun Pemerintah Kota Bandung. Menurutnya penataan PKL menjadi lebih baik dengan sangat rapih.

"Ini bisa jadi tarik wisatawan lokal atau luar. Kita melihat bahwa penataan kota yang sulit mencari ruang-ruang publik. Ini sebuah ruang publik yang baik," katanya.

Menurutnya Teras Cihampelas bisa jadi percontohan bagi di kota-kota lain. Sehingga bisa menjadi kawasan yang tertib bagi para PKL.

"Ini sebuah model penataan PKL yang baik, contoh penataan kota yang baik jika sudah tidak memiliki lahan untuk penataan. Saya kira kota-kota lain bisa lihat dan mencontoh karena mengcopy itu sangat mudah," jelasnya.

Selain itu, para PKL yang berjualan di sana menurutnya sangat berinovatif sehingga bisa memicu potensi usaha mikro karena biaa lebih mendatangkan wisatawan.

"Ini kekuatan Kota Bandung. Yang memiliki barang-barang seperti souvenir, cinderamata, kaos dan tas. Saya kira kekuatannya di situ, itu nampak di Teras Cihampelas. Juga kulinernya," ucapnya.

Apps Bisnis.com available on: