Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 21 April 2018

Budi Waseso: Malaysia Dan Singapura Tempat Transit Narkoba

Newswire Selasa, 04/04/2017 14:18 WIB
Budi Waseso: Malaysia dan Singapura Tempat Transit Narkoba
Budi Waseso
Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Kepala Badan Narkotika Nasional, Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso, menjelaskan lalu-lintas narkoba di Indonesia. Dia menyebut Malaysia dan Singapura negara tempat transit narkoba bagi bandar narkoba sebelum memasukkan narkoba itu ke Indonesia.

"Faktanya, narkotika dari berbagai negara yang akan masuk ke Indonesia singgah ke dua negara ini dulu," kata Waseso dalam pengarahannya dihadapan personel TNI dan polisi se-Jawa Tengah, di Markas Kodam IV/ Diponegoro, di Semarang, Selasa (4/4/2017).

Dia mengungkapkan, setidaknya ada 11 negara yang memasok 60 jenis narkotika ke Indonesia. Pengungkapan upaya penyelundupan narkoba dari luar negeri sudah cukup sering terjadi, salah satunya dari China.

Menurut dia, ini juga menjadi tugas Balai Pengawasan Obat dan Makanan untuk bekerja lebih keras. "BPOM sudah bekerja keras, BIN juga sudah mendeteksi," katanya.

Khusus untuk wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta masuk dalam kategori rawan narkotika. "Pangsa pasar besar, khususnya Yogyakarta sebagai kota pelajar," katanya.

Menurut dia, para bandar narkotika memiliki visi untuk menghancurkan para pelajar dan mahasiswa. "Ini tentunya harus ditangani serius," kata dia.

Dia juga mengungkapkan kekesalannya terhadap polisi kedua negara itu. Akibatnya, ia mengaku enggan menjalin kerja sama penanggulangan narkotika dengan sejawatnya di Malaysia dan Singapura.

"Untuk apa kerja sama kalau tidak ada manfaatnya," katanya. Menurut dia, ada "kepentingan-kepentingan" tertentu dari negara-negara tetangga atas Indonesia yang bebas dari peredaran narkoba.

Apps Bisnis.com available on: