Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 17 Oktober 2017

LIGA INGGRIS

Mourinho Lebih Tenang Saat Tangani 'Setan Merah'

Hedi Ardia Selasa, 21/03/2017 06:29 WIB
Mourinho Lebih Tenang Saat Tangani 'Setan Merah'
Jose Mourinho
manutd.com

LONDON - Manajer Manchester United, Jose Mourinho mengaku lebih tenang saat menangani klubnya saat ini dibandingkan Chelsea maupun Real Madrid. Perbedaan tersebut berpengaruh terhadap konsentrasi yang dilakukannya dalam menangani strategi tim.

Menurut pelatih asal Portugal ini, dirinya saat lebih siap menerima kekalahan dan tidak terlena oleh kemenangan. Kondisi tersebut membuatnya merasa lebih memiliki kepribadian yang tidak bisa diganggu oleh pekerjaan.

"Saat ini saya merasa lebih damai dan menjadi manusia seutuhnya. Saya tidak lagi terbuai oleh kemenangan yang membuat diri merasa ada diatas bulan dan merasa ada di neraka ketika mengalami sebuah kekalahan. Saya rasa saya bisa menularkan ketenangan itu kepada orang-orang yang bekerja bersama saya, termasuk para pemain," kata Mourinho.

Dia menegaskan, tidak berarti ketenangan itu membuatnya tidak lagi ambisius dalam mendapatkan kemenangan. Hal ini meyangkut dengan cara mengendalikan emosi saja dan tidak terkait dengan prestasi.

"Ambisi saya masih tetap besar seperti sebelumnya. Saya masih tetap terlibat dengan strategi tim seperti sebelumnya dan profesionalisme saya juga tidak berubah. Yang membuat saya senang karena lebih bisa mengendalikan emosi."

Paul Scholes menangkap perbedaan antara kiprah Jose Mourinho di Chelsea dan Manchester United. Dari 27 anggota skuad, 24 pemain di antaranya sudah mencicipi menit tampil di Piala Liga Inggris, Premier League, dan Liga Europa.

"Saya berpikir, tim ini belum memiliki identitas. Mereka juga masih membutuhkan waktu untuk menyatu dan menunjukkan kemampuan terbaik," ucap Scholes. 

Apps Bisnis.com available on: