Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 23 Agustus 2017

Retribusi Parkir Tahun Kemarin Mengalami Peningkatan

Hedi Ardia Senin, 20/03/2017 16:29 WIB
Retribusi Parkir Tahun Kemarin Mengalami Peningkatan
Ilustrasi

Bisnis.com, CIMAHI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi mengklaim pencapaian retribusi parkir sepanjang 2016 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya Rp400 juta menjadi Rp459,8juta.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi Ruswanto mengatakan pajak tersebut merupakan akumulasi dari 98 titik parkir on street yang dikelola sekitar 167 juru parkir.

"Raihan pendapatan tersebut semuanya diperoleh dari parkir on street. Kami harapkan pada tahun ini jumlah tersebut akan kembali mengalami peningkatan," kata Ruswanto, kepada wartawan, Senin (20/3/2017).

Dia menjelaskan, ada dua jenis parkir yakni parkir on street dan off street. Parkir on street ialah parkir yang berada di badan jalan, sedangkan parkir off street ialah parkir yang berada di dalam area dan hasilnya langsung masuk ke dalam pajak yang dikelola Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Tarif yang belaku untuk parkir on street Rp1.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp2.000 untuk kendaraan roda empat. Pihaknya, akan tetap mengupayakan perbaikan layanan parkir termasuk menunggu kajian mengenai parkir di Cimahi.

"Kami berharap dari kajian itu bisa mendapatkan hasil yang baik untuk peningkatan pendapatan dari sektor parkir dan perbaikan pelayanan parkir dan juga peningkatan PAD," ucapnya.

Dikatakan Ruswanto, pendapatan yang dihasilkan dari retribusi parkir cukup potensial, tapi memang perlu penataan agar lebih baik. Disinggung mengenai Peraturan Daerah (Perda) mengenai retribusi parkir, informasi yang diterimanya sudah ada di Bagian Hukum.

"Apabila perda tersebut sudah dijalankan di Kota Cimahi, kemungkinan PAD yang dihasilkan dari retribusi parkir juga akan bertambah," paparnya.

 

Apps Bisnis.com available on: