Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 25 Juni 2017

Di Bekasi, Laut Sudah Dikavling Dan Ada Sertifikatnya!

Wisnu Wage Senin, 20/03/2017 18:12 WIB
Di Bekasi, Laut Sudah Dikavling Dan Ada Sertifikatnya!
Ilustrasi (antara)

Bisnis.com,BANDUNG--Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar menemukan fakta mengejutkan saat menyisir peta zonasi laut demi kepentingan tata ruang laut.

Kadis Kelautan dan Perikanan Jabar Jafar Ismail mengatakan di Kabupaten Bekasi ada kejadian laut sudah dikavling dan disertifikasi.Temuan ini didapat setelah PT Tegar yang mengelola Pelabuhan Marunda mengajukan permintaan rehabilitasi lahan karena adanya serbuan abrasi pada pihaknya.

Berbekal peta satelit 1987, pihaknya laut membandingkan dengan hasil peta satelit 2017.

“1987 masih laut, sekarang daratan sudah maju. Setelah dicek ternyata laut itu sudah ada sertifikat ,” katanya di Bandung, Senin (20/3/2017).

Jafar memastikan belum tentu akan memproses permintaan tersebut mengingat pihaknya akan terlebih dahulu menyusun proses revisi perda. Salah satu pekerjaan berat yang harus dilakukan adalah menyusun peta zonasi laut 0-4 mil 1:50.000. “Kami sudah punya 1:250.000, sekarang harus dibuat yang 1:50.000,” ujarnya.

Selain itu pihaknya bersama Dinas Lingkungan Hidup Jabar akan menyusun kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) juga mengkoordinasikan dengan 5 kabupaten/kota di Selatan dan 6 kabupaten/kota di Utara. "Kita juga akan sinergikan dengan pemerintah pusat, setelah itu kami harap ini dibahas di prolegda DPRD Jabar," katanya.

Apps Bisnis.com available on: