Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 21 Oktober 2017

BEI Catat 14 Calon Emiten Baru

Novita Sari Simamora Kamis, 16/03/2017 12:02 WIB
BEI Catat 14 Calon Emiten Baru
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat sekurangnya telah ada 14 calon emiten yang siap melantai di pasar modal.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio mengungkapkan sebelumnya ada 9 calon emiten yang berencana masuk dan seiring bertambah hari, banyak perusahaan yang belum melantai mencari pendanaan baru di bursa.

"Ada 14 calon emiten yang lagi proses di OJK, itu belum termasuk dengan anak usaha BUMN ya," ungkapnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Kamis (16/3/2017).

Hingga bulan ketiga tahun ini, masih satu emiten yang merealisasikan pencatatan saham perdana yakni PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk. (PORT) dengan melepas 20,5% saham dan raihan dana Rp308,6 miliar. 

Selain itu, calon emiten yang berencana melantai di BEI antara lain PT Sariguna Primatirta, PT Terragera Asia Energy, PT Sanur Hasta Mitra, PT Cahaya Sakti Investindo dan PT Pelayaran Tamarin Samudera. Sementara itu, PT Bintraco Dharma tengah melakukan melakukan penawaran umum perdana saham dan siap melantai di BEI pada 30 Maret 2017.

Sebagai informasi, pada 2016, BEI gagal mencapai target 20 emiten baru yang mencatatkan saham perdana di papan perdagangan bursa. Realisasinya hanya ada 14 emiten baru yang menggelar initial public offering (IPO) dengan total penggalangan dana sebesar Rp12,07 triliun.

Pada tahun ini, BEI memasang target jumlah emiten baru mencapai 35 emiten baru. Target emiten  baru tahun ini lebih tinggi dibanding 2016. Tito optimis target 35 emiten baru bakal terealisasi hingga akhir tahun Ayam Api ini.

Apps Bisnis.com available on: