Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 23 Agustus 2017

Ingin Sukses? Lakukan Perubahan Ini Saat Memasuki Umur 30

Ilham Budhiman Kamis, 16/03/2017 09:20 WIB
Ingin Sukses? Lakukan Perubahan Ini Saat Memasuki Umur 30
Membaca dapat merubah hidup Anda
Business Insider

Bisnis.com, BANDUNG -- Jika Anda berpikir bahwa kesuksesan itu bisa datang kapan saja, Anda tak salah. Kesuksesan bisa diraih setelah memasuki usia 30-an.

Dan apakah untuk mencapai kesuksesan akan tergantung pada keberuntungan? tentu saja kerja keras dan pengorbanan yang dibutuhkan.

Dilansir Business Insider, ada perilaku sehari-hari yang mesti Anda ubah saat memasuki umur 30-an guna mencapai kesuksesan itu. Berikut daftarnya:

1. Berhenti merokok

Jika Anda perokok, segeralah berhenti. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berhenti sebelum berusia 40 memiliki risiko kematian 90% lebih rendah dibandingkan mereka yang terus merokok. Awali sukses Anda dengan hal yang terkecil.

2. Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari

Mungkin Anda tergoda untuk tidur di akhir pekan untuk menutup utang tidur Anda. Tetapi seorang pakar Nan Waldman menyarankan Anda tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari.

Jika Anda kesiangan bahkan untuk beberapa hari, para ahli mengatakan tubuh berisiko sakit untuk siklus yang berbeda, sehingga Anda akan mulai merasa lelah di kemudian hari.

3. Mulai berolahraga secara teratur

Di usia 30-an, Anda mulai kehilangan massa otot sehingga berolahraga sangatlah penting. Pilihlah olahraga yang Anda suka. sukses memasuki umur 30 bisa dengan tubuh yang sehat.

4. Mulai menulis jurnal

Tulislah apapun yang Anda pikirkan dan renungkan hal itu. Menulis jurnal bisa memproyeksikan diri untuk selalu mengingat apa yang Anda tulis. Awali sukses Anda dengan menuliskannya di secarik kertas.

5. Menabung

"Membangun kebiasaan menabung berarti Anda akan melanjutkannya terus-menerus," kata Cliff Gilley seorang pakar.

Semakin banyak uang Anda digunakan untuk menabung, hasilnya seperti menanam dan menghasilkan bunga. Sukses akan diraih bila Anda sadar bahwa menabung sangatlah penting bagi masa depan Anda kelak.

6. Mulai mengejar mimpi hidup Anda

"Jangan menunda untuk mengejar tujuan hidup Anda," tulis Bill Karwin seorang pemerhati. "Ingin membeli rumah? Memiliki anak-anak? Menulis sebuah buku? Pilih salah satu tujuan hidup dan segera mulai.

Apa yang dapat Anda lakukan antara sekarang dan akhir tahun untuk memulainya? pikirkan dari sekarang.

7. Mulai belajar untuk menjadi bahagia dengan apa yang Anda miliki

"Jika Anda puas dengan apa yang Anda miliki, Anda akan memiliki kehidupan yang lebih bahagia," kata Robert Walker seorang pakar konsultan.

Berpikirlah secara sederhana, misalnya, syukuri apa yang Anda miliki. Dalam menjalani hidup tentu akan ada lika-liku apalagi memasuki umur 30-an, namun jangan khawatir semua itu bisa Anda hadapi jika Anda selalu puas dan bersyukur dengan yang Anda raih saat ini.

8. Berhentilah membandingkan diri Anda dengan orang lain

"Jika Anda tidak dapat melakukan beberapa hal dalam hidup dibandingkan dengan saudara dan teman-teman, maka silakan berdamai dengan diri sendiri," saran dari seorang pakar bernama Mahesh Kaytian. "Jangan keras pada diri sendiri." katanya lagi.

Penelitian menunjukkan bahwa membandingkan diri dengan orang lain bisa membuat Anda tidak produktif. Itu terutama karena orang bisa jauh lebih bahagia, namun Anda tidak tahu apakah mereka lebih bermasalah daripada yang sebenarnya?

Apa yang mereka tampilkan dan tonjolkan biasanya tidak sesuai dengan kenyataan. Jadi, berhentilah memikirkan hal itu!

9. Mulai membaca selama satu jam sehari

Ini penting, seorang pakar Portia Douglass merekomendasikan Anda membaca selama satu jam setiap hari. Pada akhir tahun, mungkin Anda akan menghabiskan beberapa bacaan.

Membaca bisa membuat hidup Anda berubah lantaran pikiran-pikiran Anda lebih terbuka.

Apps Bisnis.com available on: