Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 21 Agustus 2017

Kurangi Pengangguran Tak Cukup Hanya Bursa Kerja

Hedi Ardia Rabu, 15/03/2017 15:52 WIB
Kurangi Pengangguran Tak Cukup Hanya Bursa Kerja
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, NGAMPRAH - Pengentasan pengangguran di sejumlah daerah tidaklah cukup mengandalkan bursa kerja atau job fair, melainkan harus menyelesaikan semua persoalan terkait secara tuntas.

Founder Komunitas Bandung Barat Eka Suwarna mengatakan, salah satu kewajiban pemerintah dalam perekonomian adalah menyediakan lahan pekerjaan yang layak bagi rakyatnya. Untuk menyediakan lapangan kerja, maka pemerintah perlu menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi dan menyiapkan konsep pelatihan wirausaha yang komprehensif.

"Termasuk memfasilitasi kredit murah dan mudah. Itu kewenangan pemerintah semua. Ini bisa mendorong terbukanya lahan pekerjaan baru," katanya, kepada wartawan, Rabu (15/3/2017).

Menyiapkan lahan pekerjaan, itu artinya pemerintah menyehatkan sektor industri dan menarik investor agar mau ke daerah. Hal ini akan terwujud manakala infrastuktur bagus, promosi daerah, ketersediaan listrik bagi masyarakat, perizinan mudah dan kepastian usaha yang kondusif.

Satu hal yang tidak kalah penting, adalah upaya serius pemerintah menyehatkan para pengusaha lokal. Seharusnya, pemerintah menciptakan sistem yang mendukung eksistensi pengusaha lokal.

"Jangan lupa pengusaha lokalpun harus diberdayakan, ketersedian sumber bahan baku lokal. Pemerintah harus berpartner dengan pengusaha lokal secara integral," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam menggerakan pertumbuhan ekonomi peran pemerintah sangatlah besar atau anyak hal yang bisa dilakukan oleh eksekutif ini. Begitu pula dengan cara menarik investor ke daerah, pemda harus melakukan ekspose potensi investasi, potensi ekonomi, wisata, pertanian dan lainnya dengan baik.

Sialnya, hal-hal tersebut diatas, belum maksimal dilakukan oleh pemerintah Kab Bandung Barat. Buktinya, jumlah pengangguran di KBB yang mencapai 55.000 terus bertahan.

"Jangan hanya kegiatan seremonial bursa lowongan kerja. Job fair jangan politis. Jangan dibuat seperti itu lah," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: