Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 15 Desember 2017

Cimahi 'Angkat Tangan' Dalam Hal Penyediaan Pangan

Hedi Ardia Selasa, 14/03/2017 18:55 WIB
Cimahi 'Angkat Tangan' Dalam Hal Penyediaan Pangan
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, CIMAHI - Pemkot Cimahi menegaskan tidak sanggup mengandalkan hasil pangan sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, apalagi jika mengandalkan swasembada pangan.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Huzen Rachmadi menjelaskan, keberadaan advokasi dewan ketahanan pangan adalah untuk memperkuat kembali fungsi Dewan Ketahanan Pangan Kota Cimahi yang selama ini dinilai kurang berperan.

"Titik beratnya kita mau melakukan revitalisasi Dewan Ketahanan Pangan, kita mau rubah struktur peran agar lebih berkontribusi," kata Huzen, kepada wartawan, Selasa (14/3/2017).

Menurutnya, pangan yang dihasilkan dari lahan pertanian di Cimahi hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar 3,4% saja. Pasalnya, lahan pertanian yang tersisa saat ini hanya 137 hektare saja.

Lahan tersebut tersebar di utara sebanyak 85 hektar, 46 hektare di selatan dan sisanya di wilayah tengah. Untuk memenuhi kebutuhan pangan, Cimahi masih mengandalkan pasokan dari daerah lain.

Untuk itu, terang dia, pihaknya melibatkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, selain itu ada juga dari akademisi perguruan tinggi dan komunitas untuk mencari solusi mengatasi kondisi tersebut agar hasil pangannya meningkat.

Kepala Bidang Konsumsi dan Sumber Daya Alam Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Provinsi Jawa Barat, Lilis Irianingsing mengatakan, permasalahan ketahanan pangan menjadi urusan wajib yang harus dibangun bersama antara Provinsi Jawa Barat dan Kota Cimahi.

"kami harus mendampingi mereka untuk mewujudkan ketahanan pangan di Cimahi, karena Cimahi ini kan bukan kota produsen," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: