Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 14 Desember 2017

Aneh, Kebun Binatang Ini Biarkan Orangutan Menjadi Petinju

Ilham Budhiman Senin, 13/03/2017 08:25 WIB
Aneh, Kebun Binatang Ini Biarkan Orangutan Menjadi Petinju
Dua orangutan jadi petinju
Daily Mail

Bisnis.com, BANGKOK -- Sebuah kebun binatang di Thailand mempertunjukkan hiburan yang benar-benar membuat geram.

Dilansir Daily Mail, Senin (13/2/17) pertunjukan tersebut berlangsung di Safari World Bangkok ketika orangutan dijadikan ajang hiburan dengan cara aneh yakni menjadi petinju.

Primata itu di eksploitasi ketika dua orangutan bertarung di arena ring tinju guna menghibur penonton di acara tersebut. Salah satu turis yang melihatnya mengutuk keras kebun binatang itu untuk berhenti mengeksploitasi primata yang terkenal cerdas itu.

"Orangutan sangat cerdas, dan kebun binatang itu mengeksploitasinya," kata turis tersebut.

Sementara Samantha Fuller, seorang guru yang bekerja di Thailand mengatakan, "Mereka sangat pintar dan dapat mengetahui ketika mereka sedang ditertawakan," katanya.

Philip Mansbridge, Direktur Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan (IFAW), mengatakan kepada Metro.co.uk. "Hal ini mengejutkan bahwa perlakuan kejam dan eksploitatif kepada hewan terus dilakukan untuk ajang 'hiburan' untuk turis,"

"Orangutan adalah hewan yang sangat cerdas dan sensitif yang memiliki 97% kesamaan DNA dengan manusia dan mereka tidak bisa berpakaian dan dibuat untuk melawan seperti itu," lanjutnya.

Pertunjukan ini pun telah dikritik oleh aktivis hak-hak binatang yang mengatakan harus ditutup.

Seorang juru bicara PETA mengatakan orangutan akan melakukannya karena mereka takut sehingga membuatnya tidak nyaman dan stres.

"Mereka melakukannya karena mereka takut, sering mengalami kejutan listrik, luka bakar rokok atau pemukulan jika mereka tidak mematuhi dalam pelatihan," kata juru bicara PETA.

Apps Bisnis.com available on: