Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 13 Desember 2017

PT Len Industri Kerja Sama Pengembangan Kompetensi Dengan MRT Jakarta

Agnes Savithri Rabu, 01/03/2017 17:12 WIB
PT Len Industri Kerja Sama Pengembangan Kompetensi dengan MRT Jakarta
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, BANDUNG—PT Len Industri (Persero) menggandeng PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dalam rangka pengembangan kompetensi sumber daya manusia di bidang fasilitas pengoperasian kereta api.

Direktur Utama PT Len Industri Zakky Gamal Yasin mengungkapkan kerja sama ini menjadi baru untuk pihaknya. Pasalnya, perusahaan ini memang belum terlibat dalam proyek MRT, berbeda dengan proyek perkereta-apian lainnya seperti LRT.

“MRT memang saat ini kami belum terlibat sehingga ini menjadi hal baru bagi kami. Berbeda dengan proyek lainnya seperti pembangunan LRT,” ujarnya, Rabu (1/3) di Bandung.

Sejalan dengan itu, Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Agung Wicaksono mengungkapkan MRT memang menjadi hal yang baru bagi PT Len, namun perusahaan ini sudah menguasai seluruh teknis kereta api yang ada.

“Sehingga MRT ini akan menjadi bahan pembelajaran yang baru baik bagi PT Len maupun PT MRT,” jelasnya dalam kesempatan yang sama.

Kerja sama kedua perusahaan ini akan meliputi pembangunan kapasitas dan kompetensi SDM untuk mempersiapkan pengoperasian dan maintenance jangka panjang. Kerjasama ini akan berlangsung sekitar dua tahun dengan mekanisme teknisi PT MRT akan melakukan pembelajaran di PT Len.

Seperti yang diketahui, Len merupakan perseroan yang telah bergerak di bidang perkereta-apian khususnya fasilitas operasi.

Sedangkan untuk proyek MRT sendiri, hingga saat ini proyek MRT tahap satu sudah mencapai 65%.

Terdapat tiga fase pembangunan proyek MRT yaitu fase pertama jalur Lebak Bulus - Bundaran HI sepanjang 16 kilometer, fase kedua Bundaran HI - Ancol Timur sepanjang 13,5 kilometer yang akan dibangun pada 2019, dan fase ketiga Cikarang - Balaraja sepanjang 87 kilometer yang akan dibangun pada 2020.

MRT mulai dibangun pada 2013 dan membentang sepanjang kurang lebih 110 kilometer dari Utara - Selatan dan Barat – Timur.

Apps Bisnis.com available on: