Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 26 Mei 2018

Banjir Jakarta Mulai Dikeluhkan Pengusaha Angkutan

Hedi Ardia Rabu, 22/02/2017 16:15 WIB
Banjir Jakarta Mulai Dikeluhkan Pengusaha Angkutan
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Akibat banjir yang terjadi di sejumlah titik di ibukota dan sejumlah daerah penyangganya telah mengakibat kerugian bagi pengusaha bus. Pasalnya, mereka harus mencari jalan alternatif agar tidak terjebak banjir yang berdampak pada pengeluaran bahan bakar.

Ketua DPD Organda Jawa Barat Dedeh Widarsih mengatakan, saat ini armada bus tidak bisa menggunakan jalur yang biasa dilewati akibat akses jalan terendam air dengan ketinggian bervariasi. Bahkan, sejumlah ruas jalan utama dipastikan tidak dilintasi karena jalan terpotong oleh genangan air.

"Sejak kemarin Jasa Marga menutup akses menuju Tol Cikunir dan Jatibening. Karena Cikunir tidak bisa dilalui, maka kami harus masuk lewat puncak agar bisa mengantarkan penumpang ke Jakarta," katanya, kepada Bisnis, Rabu (22/2/2017).

Dengan banjir yang merendam sejumlah wilayah di jantung negara ini otomatis telah menyebabkan kerugian bagi para pengusaha angkutan bus karena mereka harus mengeluarkan bahan bakar lebih banyak. Dengan menggunakan jalur puncak, ada peningkatan pengeluaran bahan bakar sebesar 20-30%.

Selain itu, jumlah penumpang pun mengalami penurunan. Maraknya pemberitaan mengenai banjir di Jabodetabek juga telah membuat pengangkutan penumpang menjadi tidak maksimal karena ruang gerak armada menjadi sangat terbatas.

Sementara itu, Ketua Apindo Kab Karawang Abdul Syukur mengaku sekalipun banjir telah menerjang sejumlah Karawang hal itu tidak membuat aktivitas industri terganggu. Pasalnya, daerah yang terendam bukanlah daerah yang menjadi kantong permukiman para pekerja industri karena terjadi di Bintang Alam dan Karabah.

"Kalau ada banjir, biasanya kami mendapatkan laporan. Mungkin bedanya sekarang ini bukanlah perumahan karyawan sehingga tidak berdampak terhadap proses produksi industri yang ada di Karawang," paparnya.


Apps Bisnis.com available on: