Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Otoritas Pelabuhan Cirebon Bakal Sanksi Pengusaha Angkutan Tambang Tak Berizin

Maman Abdurahman Selasa, 14/02/2017 20:21 WIB
Otoritas Pelabuhan Cirebon Bakal Sanksi Pengusaha Angkutan Tambang Tak Berizin
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, CIREBON—Otoritas Kemaritiman di Pelabuhan Cirebon bakal menjatuhkan sanksi kepada pengusaha angkutan barang tambang yang tak berizin. Sanksi hukum pidana bakal diberikan jika pengusaha tidak mengurus izin hingga batas waktu yang telah ditetapkan.

Pada rapat koordinasi Otoritas Kemaritiman Pelabuhan Cirebon bersama pengusaha angkutan, menghasilkan beberapa point yang salah satunya adalah pengusaha meminta tambahan batas waktu untuk pengurusan izin.

Dirpolair Polda Jabar, Kombes Pol Suwarto mengatakan sedikitnya ada 30 perusahaan di Pelabuhan Cirebon dan sekitar 5% diantaranya belum mengantongi izin angkutan hasil pertambahangan.

“Ada 2 izin yang harus dimiliki, keduanya mewajibkan pengusaha membayar royalti kepada negara,” katanya, Rabu (14/02/2017).

Suwarto mengungkapkan berdasarkan data pemerintah pusat, kerugian negara mencapai Rp340 triliun akibat kegiatan usaha ilegal seperti ilegal fishing, ilegal loging, dan kegiatan transportasi laut yang tak profesional.

“Sebelumnya telah dilakukan imbauan kepada pengusaha agar tertib administrasi, sebelum upaya penegakan hukum,” ujarnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: