Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

Pemprov Jabar Desak Desa Setorkan APBDes Maret 2017

Wisnu Wage Rabu, 08/02/2017 07:57 WIB
Pemprov Jabar Desak Desa Setorkan APBDes Maret 2017
Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat Gedung Sate
Istimewa

Bisnis.com,BANDUNG--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengundurkan deadline penyerahan proposal bantuan keuangan desa dari Februari menjadi Maret 2017.

Asisten Daerah (Asda) Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jabar Koesmayadie Padmadinata mengatakan pihaknya mendorong aparat desa untuk segera mengajukan bankeu desa. 
 
"Dana desa kan pertama masukan dulu ke APBDes. Ajukan semacam kayak proposal ke kepala daerah.
Setelah jadi sah APBDes usulkan kepada kita. Nggak ribet. Ini harus buru-buru karena APBDes menunggu pengesahan dari bupati juga," katanya di Gedung Sate, Bandung, Selasa (7/2/2017).
 
Menurutnya pengajuan ini harus segera dilakukan karena keterbatasan waktu. Pasalnya deadline dari APBDes yang harus disahkan dari bupati masing-masing daerah jatuh pada bulan Maret.
 
"Deadline APBDes harus sudah disetujui Maret. Baru setelah itu bisa ajukan ke Pemprov melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMD) Provinsi Jawa Barat," ujarnya.
 
Menurutnya, bankeu desa yang diajukan melalui Dinas PMD nantinya akan dievaluasi dan diberi catatan. "Dengan persetujuan gubernur nantinya dana bisa disalurkan ke desa-desa seperti ada dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat nomor 96 tahun 2015 tentang pedoman pemberian bantuan keuangan kepada Kabupaten/Kota dan Desa," katanya.

Apps Bisnis.com available on: