Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 26 April 2018

Harga Lahan Di Gedebage Bakal Mengganjal Tol BIUTR

Wisnu Wage Jum'at, 03/02/2017 10:04 WIB
Harga Lahan di Gedebage Bakal Mengganjal Tol BIUTR

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengkhawatirkan rencana Pusat melanjutkan proyek Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) terganjal mahalnya harga lahan.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan proyek hasil kerjasama pemerintah dengan JICA Jepang ini akan dimulai kontraknya pada Juni 2017 nanti dan konstruksinya direncanakan akan dimulai pada 2018. Namun hambatan menurutnya menghadang di ruas yang menghubungkan KM149 Tol Cileunyi dengan Jalan Soekarno-Hatta, Bandung. “Proyek ini akan terkendala pembebasan lahan,” katanya di Bandung,Kamis (2/2/2017).

Menurutnya ganjalan lahan sebetulnya tidak begitu panjang karena dari KM 149-Soekarno Hatta hanya 3 kilometer.Namun nggaran yang dibutuhkan untuk membebaskan lahan ini mencapai Rp 900-an miliar, karena dalam appraisal terbaru harga tanah di kawasan tersebutmencapai Rp 3 juta/meter.

“Nah, Rp 900 miliar itu masih belum disepakati dari mana uangnya, kalau Provinsi kita nyatakan berat karena uang itu cukup besar,” ungkapnya.

Heryawan mengaku persoalan ini akan segera dibahas dengan Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pembicaraan akan berkisar terkait solusi pendanaan, apakah nilai yang besar tersebut akan ditalangi Pusat atau dengan skema lain.

“Yang Rp 900 Miliar itu keliatannya ya harus sharing lagi. Ya kalau enak sharing itu, 50% Pemerintah Pusat, 30% provinsi, 20% pemerintah Kota Bandung,” ujarnya.

Apps Bisnis.com available on: