Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 21 Oktober 2018

Program Perpustakaan Digital Kota Cirebon Terkendala Anggaran

Maman Abdurahman Jum'at, 27/01/2017 18:59 WIB
Program Perpustakaan Digital Kota Cirebon Terkendala Anggaran
(jibiphoto)

Bisnis.com, CIREBON—Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon kesulitan merealisasikan program perpustakaan digital atau perpustakaan yang berbasis elektronik book (e-book) karena kekurangan anggaran.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, alokasi anggaran untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon sangat kecil bahkan berada pada rangking kedua paling bawah jika dibanding dinas lain.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon, Mochamad Korneli mengatakan meski tak punya dana banyak pihaknya memiliki rencana untuk menjadikan perpustakaan yang dikelola pemerintah (Perpustakaan 400) bisa menerapkan sistem digital atau e-book.

“Secara bertahap kami akan merealisasikan program sistem e-book di Perpustakaan 400 yang ditarget mulai tahun ini bisa berjalan,” katanya, Jumat (27/01/2017).

Korneli mengungkapkan untuk merealisasikan program e-book diperlukan berbagai perispan mulai dari perangkat (device) hingga kesediaan dari penerbit untuk menyediakan buku digital dengan sistem yang sesuai dengan perpustakaan.

“Menyikapi keterbatasan anggaran rencananya kami akan menggandeng pihak swasta dalam penyaluran CSR,” ujarnya.

Korneli menambahkan hingga saat ini belum ada program dari Pemerintah Pusat untuk pengembangan perpustakaan digital maka dari itu dibutuhkan kreativitas dari pemerintah daerah.

“Penerapan sistem e-book sudah menjadi keharusan, jika tidak maka minat baca ke masyarakat akan tergerus,” tambahnya. (k3)