Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 15 Desember 2017

Kereta Bandara Kertajati Berakhir Di Jatibarang, Ini Alasannya

Wisnu Wage Jum'at, 27/01/2017 13:42 WIB
Kereta Bandara Kertajati Berakhir di Jatibarang, Ini Alasannya
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Kereta Bandara Kertajati didesain memiliki banyak rute, namun yang dianggap memungkinkan adalah rute Kertajati-Jatibarang, Indramayu.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas mengaku kereta bandara Kertajati dalam masterplan dirumuskan sepanjang 13 kilometer dan berpusat di Stasiun KA Jatibarang, Indramayu. 

Lokasi ini dipilih karena jaraknya yang paling dekat dengan bandara dan dikhususkan untuk mengangkut penumpang dari kereta api menuju bandara. “Kalau di Kualanamu kan hanya dari bandara ke Medan. Begitu juga ini harus terhubung dengan kereta jalur utara,” cetusnya pada bisnis awal pekan ini.

Dari gambaran kereta akan menuju dari dan ke Jatibarang, karena itu permintaan rel ini dibiayai pusat pun muncul. Pihaknya berkaca pada jumlah penumpang di Kualanamu yang sudah mencapai 8 juta, namun sampai saat ini Railink masih merugi. “Railink berminat di Kertajati, karena itu kondisi Kualanamu harus diantisipasi, karena di sana Railink investasi di trase,” paparnya.

Menurutnya selain trase yang dimiliki BIJB dalam masterplan, dalam rencana induk perkeretaapian yang disusun oleh Dinas Perhubungan Jabar pun sudah menghasilkan 4 alternatif trase ke Bandara. 

Kemungkinan besar alternatif-alternatif ini bisa diakomodir oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan. "Investasi juga masih dihitung," ujarnya.

Apps Bisnis.com available on: