Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

Sekda Jabar Apresiasi Rencana Dibukanya Lowongan CPNS Formasi Khusus

Wisnu Wage Kamis, 26/01/2017 15:28 WIB
Sekda Jabar Apresiasi Rencana Dibukanya Lowongan CPNS Formasi Khusus
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyambut baik rencana pemerintah pusat kembali membuka lowongan CPNS 2017 untuk keahlian tertentu dan spesifik.

Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan rencana tersebut secara resmi belum diterima pihaknya dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) maupun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

“Informasi resminya belum ada, tapi kami menyambut baik rencana tersebut,” katanya saat dihubungi, Kamis (26/1/2017).

Menurutnya kebutuhan Pemprov Jabar akan formasi CPNS untuk keahlian tertentu akan dilihat terlebih dahulu. Namun Iwa mengakui persoalan berapa besar alokasi PNS formasi khusus untuk Jabar akan diserahkan dan menunggu arahan dari Pusat. “Pusat yang akan membuka lowongan CPNS, kami menunggu rencana lebih detilnya,” tuturnya.

Iwa menyambut baik rencana formasi khusus ini dan pusat masih tetap melakukan moratorium penerimaan CPNS umum, Ini karena berdasarkan hasil evaluasi di tingkat nasional, belanja pegawai masih besar. Bahkan di satu daerah ada belanja tidak langsung (gaji pegawai) mencapai 70% dan belanja publik (pembangunan) hanya 30%. 

Sebelumnya di Bandung kemarin, Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan pihaknya berencana membuka lowongan CPNS formasi khusus pada 2017 ini terutama dari sekolah-sekolah pendidikan kedinasan.

 “Syaratnya juga kualitas tinggi, misalnya cum laude. Kemudian ada juga yang dari disabilitas, kemudian atlet berprestasi. Itu yang jadi formasi khusus, tahun ini kita buka. Sekarang dibuat dulu formasinya,” tuturnya.

 

 

Apps Bisnis.com available on: