Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 18 Desember 2017

Kereta Bandara Kertajati Didorong Bisa Dibiayai Pusat

Wisnu Wage Rabu, 25/01/2017 14:20 WIB
Kereta Bandara Kertajati Didorong Bisa Dibiayai Pusat
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG—PT BIJB dan PT Railink akan mengajukan permintaan pada Kementerian Perhubungan agar membiayai investasi jalur kereta ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas mengatakan pihaknya dengan PT Railink sudah mengikat rencana kerjasama dalam nota kesepahaman pengelolaan terminal multimoda BIJB Kertajati. Selain mengelola terminal multimoda, Railink juga akan mengelola kereta bandara.

“MoU ini bentuk penjajakan kerjasama ke depan agar nanti ada layanan kereta ke bandara,” katanya pada bisnis, Selasa (24/1/2017).

Di MoU tersebut kedua belah pihak dalam enam bulan ke depan akan membahas detil teknis bagaimana merealiasasikan kereta bandara. Menurutnya rencana pembangunan layanan kereta ke Bandara Kertajati tidaklah muluk, karena pihaknya sudah menetapkan moda tersebut dalam masterplan BIJB Kertajati.

“Konsep kereta bandara sudah ada di masterplan, tinggal perumusan implementasi,” ujarnya.

Pembahasan yang utama menurutnya keduanya menghasilkan studi kelayakan terkait kereta bandara. Railink sendiri sudah menghitung kereta bandara Kertajati baru bisa balik modal setelah penumpang mencapai 10 juta orang.

“Sementara BIJB sendiri menargetkan awal operasi  baru 2,3 juta penumpang,” tuturnya.

Dengan perhitungan tersebut, PT BIJB dan Railink mengusulkan agar salah satu alternatif investasi  untuk pembangunan rel dan trase dilakukan Kementerian Perhubungan. Sementara Railink nantinya hanya akan menanamkan modal dalam penyiapan gerbongnya.

”Itu sudah dibahas secara khusus, namun belum kami sampaikan ke Dirjen Perkeretaapian. Ini baru alternatif,” katanya.

 

Apps Bisnis.com available on: