Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 16 Desember 2017

TKW Yang Mengaku Disiksa Di Video Viral Kini Telah Pulang Ke Kampungnya

Ajijah Sabtu, 21/01/2017 14:25 WIB
TKW Yang Mengaku Disiksa di Video Viral Kini Telah Pulang ke Kampungnya
Aciah binti Alih
Kemlu.go.id

Bisnis.com, BANDUNG - KBRI Muscat, perwakilan Indonesia di Kesultanan Oman, membantu memulangkan Aciah binti Alih, perempuan asal Pandeglang Banten yang bekerja Oman.

Beberapa hari terakhir ini di media sosial, khususnya Facebook, Youtube dan Instagram, telah beredar sebuah video berisi pengaduan terjadinya tindak kekerasan yang diunggah oleh akun facebook "Elisa Poetre Karawang".

Pengaduan tersebut juga terpantau secara langsung oleh KBRI Muscat karena yang bersangkutan terhubung dengan akun Facebook KBRI.

Menindaklanjuti pengaduan tersebut, KBRI telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan dengan menghubungi majikan Aciah binti Alih (nama asli pengunggah video) dan meminta klarifikasi mengenai pengaduan tersebut.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada 18 Januari lalu itu, KBRI memperoleh informasi bahwa selama dua tahun terakhir ini, Aciah telah bekerja sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) pada keluarga majikan yang berada di kota Salalah (sekitar 1.000 km dari Muscat).

Aciah juga merupakan salah satu dari tiga orang TKI asal Indonesia yang bekerja pada keluarga Oman tersebut. Majikan Aciah sangat kooperatif dan telah menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya.

Sebagai tindakan lebih lanjut, pada 19 Januari 2017, KBRI Muscat telah mengirimkan seorang pejabat konsuler ke kota Salalah untuk memastikan bahwa majikan mematuhi kesepakatan yang telah dibuat dengan pihak KBRI dan untuk melihat secara langsung kondisi fisik Aciah.

Saat ditemui KBRI bersama majikan, kondisi Aciah dalam keadaan baik. KBRI juga telah memfasilitasi pemenuhan hak-hak Aciah.

Pada Jumat (20/1/2017) dini hari, Aciah telah dipulangkan ke tanah air atas biaya majikan dan saat ini telah tiba dengan didampingi oleh Tim dari BNP2TKI di Bandara Soekarno-Hatta.

 

 

Apps Bisnis.com available on: