Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 18 Juli 2018

TOL BOCIMI: Iwa Minta Pembebasan Dan Pembangunan Fisik Dipercepat

Wisnu Wage Kamis, 19/01/2017 09:26 WIB
TOL BOCIMI: Iwa Minta Pembebasan dan Pembangunan Fisik Dipercepat
Sekda Jabar Iwa Karniwa
Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG--Sekretaris Daerah Jawa Barat  Iwa Karniwa mengapresiasi perkembangan pembebasan lahan yang digenjot oleh BPN Kabupaten Bogor. 

Iwa mengatakan dengan begitu untuk seksi I Ciawi-Cigombong diharapkan penuntasannya bisa sesuai target. “Kalau pembebasan dan pembangunan cepat, Desember 2017 seksi I bisa beroperasi,” katanya di Bandung, Rabu (18/1/2017).

Menurutnya langkah BPN Bogor harus segera diimbangi oleh kontraktor Waskita Karya dan Posco dengan segera melakukan pekerjaan fisik yang hingga awal Januari lalu dilaporkan sudah mencapai 25,375%. “Mumpung cuaca lagi bagus pembangunan bisa lebih digenjot, tampaknya masyarakat juga sudah mulai menyadari pentingnya mendukung tol ini,” cetusnya.

Pihaknya sendiri awal Desember 2016 sudah menuntaskan perpanjangan penetapan lokasi (penlok) Bocimi. “Kami sudah serahkan penloknya ke Dirjen Bina Marga bersama penlok Soroja, Cisumdawu dan Cimanggis-Cibitung,” ujarnya.

Iwa berharap selain lahan dan fisik Bocimi, urusan utilitas seperti jaringan gas dan air minum di lapangan yang saat ini masih berproses juga turut dikebut. Menurutnya kelanjutan proyek ini terletak dikeseriusan perangkat di lapangan yang juga terus melakukan pendekatan di seksi-seksi Bocimi yang akan dibangun termasuk Kabupaten Sukabumi.

 “Jadi Pemerintah Sukabumi misalnya sudah memulai pendekatan dari sekarang agar seksi II dan seterusnya tidak mengalami kendala,” paparnya.