Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Pelabuhan Cirebon Masih Sepi Peminat

Maman Abdurahman Selasa, 06/12/2016 16:20 WIB
Pelabuhan Cirebon Masih Sepi Peminat

Bisnis.com, CIREBON—Steakholder di Kota Cirebon Jawa Barat merumuskan sejumlah strategi untuk mendorong Pelabuhan Cirebon agar diminati kalangan pengusaha di Jabar yang rutin melakukan aktivitas kargo untuk ekspor-impor ataupun pengiriman barang di pasar domestik.

Berdasarkan data PT. Pelindo II Cabang Pelabuhan Cirebon, rata-rata jumlah kapal yang berlabuh sekitar 40 kapal/bulan padahal untuk tipe pelabuhan kelas 2 jumlah kapal berlabuh yang ideal sebanyak 90 kapal/bulan.

General Manager Pelindo II Cabang Pelabuhan Cirebon, Solikhin mengatakan dengan volume kapal 40-50 kapal/bulan yang masuk, Pelabuhan Cirebon tergolong masih cukup sepi apalagi 80% diantaranya didominasi kapal angkutan batu bara.

“Komoditi yang masuk Pelabuhan Cirebon masih sangat terbatas, karena banyak pengusaha di Jabar lebih memilih Tanjung Priok dan Semarang,” katanya, Selasa (06/12/2016).

Solikhin mengungapkan biaya bongkar di Pelabuhan Cirebon padahal lebih murah jika dibanding pelabuhan lain contohnya untuk biaya kargo batu bara Rp16.000/ton sedangkan biaya kargo batu bara di Pelabuhan Tanjung Priok sebesar Rp36.000/ton dan Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang Rp20.000/ton.

“Murahnya biaya kargo barang di Pelabuhan Cirebon masih belum cukup menarik pengusaha khususnya di Jabar,” ujarnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: