Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 09 Desember 2016

Bandung Barat Matangkan Penerapan Upah Sektoral

Hedi Ardia Jum'at, 02/12/2016 17:15 WIB
Bandung Barat Matangkan Penerapan Upah Sektoral

Bisnis.com, NGAMPRAH - Pemkab Bandug Barat terus mematangkan rencana pelaksanaan Upah Minumum Sektoral (UMSK) pada 2017 mendatang. Upah sektoral diharapkan memberikan keadilan terhadap upah yang diterima kalangan buruh.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Bandung Barat Heri Partomo mengungkapkan, untuk menerapkan UMSK tersebut ada sejumlah persyaratan antara lain daerah tersebut harus memiliki sektor unggulan baik tekstil atau pertambangan.

"Pertanyaannya, sektor apa yang menjadi unggulan di Kabupaten Bandung Barat. Karena untuk menentukan sektor unggulan di Kabupaten Bandung Barat itu harus dilakukan kajian terlebih dahulu," katanya, kepada wartawan, Jumat (2/12/2016).

Sehingga perlu ada kesepakatan antara serikat pekerja dengan perusahaan. Besaran itu dapat ditentukan sesuai dengan kemampuan perusahaan untuk membayar kepada pekerja.

Dia mencontohkan, besarannya 1-5% dari nilai UMK yang sudah ditetapkan tergantung dari hasil kesepakatan antara pekerja dan perusahaan. Jika tidak ada kesepakatan antara kedua belah pihak tersebut, tentu UMSK ini tidak bisa diterapkan.

Menurutnya, di Jawa Barat ini baru ada delapan kabupaten/kota yang sudah menerapkan UMSK tersebut.
Itu pun merupakan upah minimum kelompok usaha yang memang sudah memiliki sektor unggulan. Untuk Kabupaten Bandung Barat, pihaknya belum bisa memastikan kapan akan mulai menerapkan UMSK tersebut.

Ditanya soal keinginan serikat pekerja yang ingin melakukan audiensi dengan Bupati Bandung Barat Abubakar, Heri mengaku sudah menerima laporan dari serikat pekerja tersebut dan akan dijadwalkan audiensi pada Senin (5/12) pekan depan.

"Pekan depan buruh ingin menyampaikan aspirasi soal itu. Kita lihat saja apakah pak bupati ada waktu atau tidak karena pak bupati juga banyak pekerjaan yang harus diselesaikan," ujarnya.


Apps Bisnis.com available on:    
Ayo cek artikel "Writing Contest: Hemat Energi Secara Total" berhadiah hampir Rp100 juta yang lolos seleksi tahap awal di sini! Share artikel favorit Anda dan vote sebanyak-banyaknya!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!