Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 09 Desember 2016

Atty Ditangkap KPK, Kampanye Pilkada Tetap Berjalan

Hedi Ardia Jum'at, 02/12/2016 14:42 WIB
Atty Ditangkap KPK, Kampanye Pilkada Tetap Berjalan
Wali Kota Cimahi nonaktif Atty Suharti
Bisnis

Bisnis.com, CIMAHI - Wali Kota Cimahi nonaktif Atty Suharti diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (2/12/2016) pukul 05.30 WIB di Kediamannya di Jalan Sari Asih IV No. 16 Kecamatan Sukasari Kota Bandung.

Lembaga anti rasuah itu mendatangi kediaman pribadi Atty dengan menggunakan 5 (lima) unit kendaraan R4 Toyota Inova Nopol B-1009-URI, Toyota Inova Nopol B-1010-URI, Toyota Inova B-1485-UYN, Mitshubisi Pajero Nopol B-1050-GJC dan Suzuki X - Over Nopol B-1766-ZF dengan jumlah personil 15 orang pada Kamis (1/12) malam. Terkait penggeledahan tersebut belum diketahui secara pasti dugaan penggeledahan yang dilakukan KPK.

Selain Atty, ikut dibawa pula suaminya yang merupakan mantan Wali Kota Cimahi periode 2002-2012, Itoc Tochija. Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi yang disampaikan oleh pihak keluarga atas penangkapan tersebut.

Atty tercatat sebagai wali kota nonaktif lantaran sedang mengikuti kampanye Pilkada 2017 berpasangan dengan Achmad Zulkarnain yang diusung Partai Golkar, PKS dan Nasional Demokrat.

Sekalipun ada kasus tersebut, tim pemenangan pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi 2017 nomor urut satu, Atty Suharti-Achmad Zulkarnain mengaku tidak terpengaruh dengan adanya kabar permasalahan hukum yang membelit Atty Suharti.

“Belum mendapatkan kabar resmi soal penangkapakan. Kami tidak terpengaruh dengan adanya kabar tersebut karena tim masih tetap kampanye dan sosialisasi ke masyarakat,” kata Irfan Salim.

Dikatakan Irfan, persoalan hukum yang membelit Atty itu beda ranah dengan persoalan politik yang sedang dijalani.

"Persoalan politik tetap tanggung jawab kita, persoalan hukum itu lain lagi," kata dia.

Hal yang samapun diakui calon Wakil Walikota Cimahi Achmad Zulkarnain. Dirinya mengaku sudah mencoba mengkonfirmasi kebenaran berita tersebut kepada keluarga Atty, tapi belum ada jawaban.

"Sudah saya kontak langsung Bu Atty dan Pak Itocnya, Keluarganya juga sudah, tapi belum ada jawaban," katanya.

Achmad berharap, kejadian tersebut hanya penggeledahan biasa dan tidak akan berimbas buruk pada pencalonannya di Pilkada 2017.

Apps Bisnis.com available on:    
Ayo cek artikel "Writing Contest: Hemat Energi Secara Total" berhadiah hampir Rp100 juta yang lolos seleksi tahap awal di sini! Share artikel favorit Anda dan vote sebanyak-banyaknya!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!