Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 09 Desember 2016

DJP Jabar Masih Kejar Sisa Target Pajak Tahun Ini Rp5,5 Trilun

Hedi Ardia Jum'at, 02/12/2016 15:59 WIB
DJP Jabar Masih Kejar Sisa Target Pajak Tahun ini Rp5,5 Trilun

Bisnis.com, BANDUNG - Dengan sisa waktu di akhir 2016 ini, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat I menargetkan penambahan pengamanan pajak sebesar Rp5,5 triliun. Pasalnya, hingga November realisasi pencapaian sudah 78% atau sebesar Rp23 triliun.

Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I Yoyok Satiotomo mengatakan, untuk mencapai target yang ditetapkan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah program kerja disamping dengan mempertahankan atau meningkatkan program Tax Amnesty (TA) tahap kedua yang menyasar UKM, profesi dan prominence people.

"Kami akan melakukan gerakan masif dan persuasif. Sekarang programnya terus berjalan serempak dari Ciamis sampai Cimahi seluruh pasukan turun ke lapangan dengan membawa data untuk menyasar wajib pajak," katanya, kepada wartawan di sela-sela Media Gathering di Ciwidey, Jumat (2/12/2016).

Menurutnya, apabila melihat tren Kanwil seluruh Indonesia yang berjumlah 33 kanwil, Kanwil Jabar I ada di posisi keenam. Keberhasilan pengamanan penerimaan ini merupakan hasil dari penggalian potensi dan mewujudkan realisasi serta sukses TA.

Yang membedakan Kanwil Jabar I dengan Kanwil lainnya adalah rerata WP yang mengikuti TA tidak lebih dari 2%. Sedangkan, Jabar mampu mencapai 5% WP telah mengikuti TA.

"Untuk sektor UKM saja, kami akan menyasar 5.027 wajib pajak. Biasanya mereka mepet waktu karena akhir periode II Desember baru bayar pajak seperti pada periode sebelumnya," ujarnya.

Apps Bisnis.com available on:    
Ayo cek artikel "Writing Contest: Hemat Energi Secara Total" berhadiah hampir Rp100 juta yang lolos seleksi tahap awal di sini! Share artikel favorit Anda dan vote sebanyak-banyaknya!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!