Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 09 Desember 2016

DUGAAN MAKAR: Yusril Sudah Temui Ratna Sarumpaet Dan Rachmawati Soekarnoputri

Ajijah Jum'at, 02/12/2016 13:02 WIB
DUGAAN MAKAR: Yusril Sudah Temui Ratna Sarumpaet dan Rachmawati Soekarnoputri
Yusril saat menemui Rachmawati Soekarnoputri di Mako Brimob Kelapa Dua Depok
Twitter

Bisnis.com, BANDUNG - Pakar hukum konstitusi yang juga pengacara, Yusril Ihza Mahendra mengatakan sudah menemui Ratna Sarumpaet dan Rachmawati Soekarnoputri yang diamankan polisi atas dugaan makar.

Yusril melalui akun Twitter, Jumat (2/12/2016), mengatakan kondisi keduanya dalam keadaan baik. Yusril pun sudah berbicara dengan Ratna dan Rachmawati di Mako Brimob Kelapa Dua Depok.

Sementara dengan enam tokoh lainnya seperti Kivlan Zein, Adityawarman, Sri Bintang Pamungkas, dan lainnya, Yusril mengaku belum bertemua karena ruangan mereka ditempatkan terpisah-pisah.

"Meski sudah ditangkap sejak tadi pagi namun terhadap bu ratna dan bu rachma sampai saat ini blm dilakukan pemeriksaan apapun," tulis Yusril.

Yusril menyebutkan, Ratna Sarumpaet dan Rachmawati Soekarnoputri akan dikenakan pasal-pasal makar yakni menggulingkan pemerintah.

"Benar atau tidaknya sangkaan itu tergantung pada alat2 bukti. Kita harus junjung tinggi asas praduga tdk bersalah. Saya ingin mendampingi beliau2 yg ditangkap itu agar proses pemeriksaan ini berjalan secara fair, adil dan sesuai hukum acara yg berlaku," tulis Yusril.

Sementara itu, pihak kepolisian menjelaskan delapan orang yang ditangkap atas tuduhan makar akan dijerat menggunakan Pasal 107 juncto Pasal 110 juncto Pasal 87 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan ancaman hukuman penjara minimal 20 tahun dan maksimal seumur hidup.

Apps Bisnis.com available on:    
Ayo cek artikel "Writing Contest: Hemat Energi Secara Total" berhadiah hampir Rp100 juta yang lolos seleksi tahap awal di sini! Share artikel favorit Anda dan vote sebanyak-banyaknya!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!