Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 09 Desember 2016

Peternak Wajib Waspadai 5 Penyakit Ini

Hedi Ardia Rabu, 30/11/2016 18:42 WIB
Peternak Wajib Waspadai 5 Penyakit Ini

Bisnis.com, NGAMPRAH - Untuk mengurangi kerugian yang diderita para pemilik hewan ternak, Dinas Peternakan dan Perikanan Kab Bandung menggelar sosialisasi bagi peternak, aparat desa dan para kader di setiap wilayah.

Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bandung Barat Undang Husni Tamrin mengungkapkan, setidaknya ada lima jenis penyakit hewan yang perlu diwaspadai antara lain flu burung pada unggas, keguguran menular pada ternak sapi, rabies pada anjing liar, antraks pada sapi dan penyakit cacingan.

"Ada 25 jenis penyakit hewan. Tapi, yang kerap terjadi di tengah masyarakat KBB ada lima jenis penyakit hewan. Makanya kita sosialisasikan agar mereka di lapangan bisa lebih mendeteksi dini untuk menghindari penyakit hewan tersebut terus berkembang," kata Undang kepada wartawan, Rabu (30/11/2016).

Menurutnya, pada musim hujan seperti ini, kewaspadaan terhadap penyakit hewan harus terus ditingkatkan. Selain faktor cuaca, kata dia, timbulnya penyakit hewan juga dipengaruhi oleh faktor kebersihan lingkungan.

Sebab, jika lingkungan kotor dan kumuh, maka akan mengundang datangnya penyakit yang bisa terjadi pada hewan. Mereka yang telah mengikuti kegiatan ini diharapkan lebih peka dan sigap saat menemukan penyakit hewan.

"Kami juga tekankan kepada para kader bahwa menjaga lingkungan juga sangat penting. Kalau lingkungan kotor akan mengundang penyakit," ujarnya.

Disinggung soal kelima peyakit hewan yang paling sering terjadi, Undang mengaku semuanya berpotensi. Namun, jika melihat kondisi di lapangan memang keberadaan anjing liar yang memiliki penyakit rabies cukup banyak. Berdasarkan pendataan yang dilakukannya, tercatat ada 4.500 ekor kucing dan anjing liar yang tersebar di Kabupaten Bandung Barat.

"Itu yang sudah terdaftar, di luar itu masih banyak lagi berkeliaran. Makanya kita juga selalu melakukan vaksinasi dan eliminasi (suntik mati)terhadap anjing liar yang memang berpotensi menularkan penyakit terhadap manusia," ujarnya.

Apps Bisnis.com available on:    
Ayo cek artikel "Writing Contest: Hemat Energi Secara Total" berhadiah hampir Rp100 juta yang lolos seleksi tahap awal di sini! Share artikel favorit Anda dan vote sebanyak-banyaknya!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!