Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 09 Desember 2016

DPRD Akan Tanya BPN Soal Pembebasan Danau Retensi

Hedi Ardia Rabu, 30/11/2016 18:41 WIB
DPRD Akan Tanya BPN Soal Pembebasan Danau Retensi

Bisnis.com, SOREANG - Guna mempercepat pembuatan danau retensi di Kampung Cieunteung, Baleendah, DPRD Kab Bandung dalam waktu dekat akan meminta keterangan Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkait lambatnya proses pembebasan lahan untuk pembuatan danau pengendali banjir tersebut.

Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Bandung, Firman Sumantri mengatakan, seharusnya sebelum akhir 2016 pembebasan lahan dan bangunan di kawasan itu sudah seharusnya rampung seperti yang direncanakan sebelumnya.

"Akhir-akhir ini masih tertahan di proses pengukuran dan pemberkasan oleh BPN. Jangan sampai ini jadi penghambat proses penanganan banjir Citarum," kata Firman kepada wartawan, Rabu (30/11/2016).

Menurutnya, warga Cieunteung terlalu lama menunggu proses pemberkasan ini oleh BPN dan dikhawatirkan akan terjadi keresahan di tengah masyarakat. Untuk itu, kepastian dari BPN perlu segera didapat.

Semakin memburuknya kondisi saluran drainase akibat luapan Sungai Citarum di tiga kecamatan seperti Baleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang, telah menyebabkan banjir di tiga kecamatan itu kian parah.

"Kalau danau retensi Cieunteung segera dibuat, banjir luapan subgai ini dapat segera teratasi karena air semuanya ke danau retensi. Makanya inilah pentingnya proyek tersebut harus segera dikerjakan," katanya.

Firman mengatakan pembangunan danau retensi ini telah dimulai beberapa pekan lalu dengan memulai pembangunan rumah pompa dan penataan di sekitar Jembatan Citarum. Diharapkan, proyek pengerjaannya segera dilakukan juga di kawasan permukiman Cieunteung yang kini menunggu pembebasan lahan.

Apps Bisnis.com available on:    
Ayo cek artikel "Writing Contest: Hemat Energi Secara Total" berhadiah hampir Rp100 juta yang lolos seleksi tahap awal di sini! Share artikel favorit Anda dan vote sebanyak-banyaknya!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!