Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 18 Februari 2018

Kampanye Hijau, Uber Ajak Gunakan Transportasi Publik

Hedi Ardia Rabu, 30/11/2016 13:29 WIB
Kampanye Hijau, Uber Ajak Gunakan Transportasi Publik
Ilustrasi
Reuters

Bisnis.com, BANDUNG - Perusahaan transportasi online UBER selama lima hari sejak 25-30 November 2016 melakukan kampanye UberKebun di empat kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali.

John Colombo, Head of Policy & Government Relations Uber Indonesia mengungkapkan, Uberkebun merupakan sebuah gerakan ajakan kepada seluruh masyarakat untuk mengurangi ketergantungan mereka akan kendaraan pribadi dan menggunakan Uber.

"Kami ajak masyarakat membayangkan kota-kota kita dengan lebih banyak taman dan lebih sedikit lahan parkir," katanya, kepada wartawan, Rabu (30/11/2016).

Menurutnya, sebagai bentuk dukungan perusahaannya terhadap penghijauan, pihaknya akan menyumbangkan Rp5.000 untuk setiap perjalanan yang dilakukan dengan Uber untuk program My Baby Tree dari WWF Indonesia.

Donasi tersebut akan digunakan untuk menanam pohon di wilayah-wilayah yang membutuhkan di Indonesia. Sebagai puncak kegiatan kampanye tersebut, pada Rabu (30/11) mulai pukul 09.00-19.00 , pihaknya akna mengubah 14 lokasi parkir di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali menjadi taman-taman pop-up dengan beragam aktivitas seru.

"Bukan apa-apa di Jabodetabek sendiri 75% dari 25,7 juta perjalanan yang terjadi setiap harinya dilakukan dengan kendaraan pribadi. Hampir 20% dari emisi karbon yang merusak lingkungan berasal dari kendaraan yang dikemudikan," ujarnya.

Kemacetan yang ditimbulkan dari kendaraan-kendaraan itu menyebabkan kerugian produktivitas sebesar Rp65 triliun setiap tahunnya. Di Banyak kota di seluruh dunia, hingga sepertiga lahan digunakan sebagai lahan parkir.

"Mobil merupakan salah satu aset paling mahal dari sebuah keluarga tinggal di garasi atau lahan parkir selama 96% waktunya dalam sehari," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: