Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 09 Desember 2016

Duduki Lagi Kursi Ketua DPR, Novanto Puji Ade Komarudin

Newswire Rabu, 30/11/2016 19:56 WIB
Duduki Lagi Kursi Ketua DPR, Novanto Puji Ade Komarudin

JAKARTA--Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto kembali menduduki jabatan sebagai Ketua DPR RI setelah ditetapkan serta dilakukan pengampilan sumpah jabatan pada rapat paripurna DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu petang.

Pengambilan sumpah jabatan terhadap Setya Novanto itu dipimpin oleh pimpinan harian Mahkamah Agung dalam forum rapat paripurna dengan disaksikan pimpinan DPR RI serta para anggota DPR RI yang hadir.

Sebelum dilakukan pengambilan sumpah jabatan, pimpinan rapat paripurna, yakni Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, mengumumkan keputusan rapat pleno Mahkamah Kehormatan DPR RI (MKD).

MKD memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Ade Komarudin yakni diberhentikan dari jabatan ketua DPR RI.

Fadli Zon juga mengumumkan berdasarkan surat usulan dari DPP Partai Golkar, pengganti ketua DPR RI adalah Setya Novanto, kemudian ia mempersilakan fraksi-fraksi untuk menyampaikan pandangan dan sikapnya terhadap pemberhentian Ade Komarudin serta penetapan Setya Novanto sebagai ketua DPR RI.

Dari 10 fraksi di DPR RI, masing-masing menyampaikan pandangan dan sikapnya melalui juru bicaranya. Ke-10 fraksi di DPR RI, seluruhnya menyampaikan pandangan, setuju pada pemberhentian Ade Komarudin serta mendukung Setya Novanto kembali menjadi ketua DPR RI.

"Setelah mendengar pandangan dan sikap dari fraksi-fraksi, seluruh menyatakan setuju terhadap pemberhentian saudara Ade Komarudin," katanya.

Selanjutnya, Fadli menanyakan persetujuan anggota DPR RI terhadap penetapan Setya Novanto sebagai ketua DPR RI.

"Apakah penggantian Ketua DPR RI kepada saudara Setya Novanto, dapat disetujui?," katanya Fadli. "Setuju," teriak para anggota DPR RI.

Fadli Zon pun langsung mengetukkan palunya tanda disetujuinya Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI.

Fadli kemudian membacakan Pasal 84 dan 78 UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3), perihal pelantikan ketua DPR RI.

"Pimpinan DPR RI sudah menghubungi ketua MA, tapi ketua MA sedang berada di luar negeri, sehingga mendelegasikan kepada pimpinan harian MA," katanya.

Setelah dilantik, Setya Novanto mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada fraksi-fraksi dan seluruh anggota DPR RI yang mana melalui rapat paripurna DPR telah menetapkan dirinya kembali sebagai Ketua DPR RI.

Dia berjanji menjalankan amanah yang diberikan kepadanya dengan sebaik-baiknya. Novanto menekankan dirinya beserta pimpinan DPR yang lain akan bekerja keras menjalani amanah sesuai dengan harapan rakyat.

"Kami juga akan meningkatkan hubungan yang lebih produktif dengan lembaga tinggi negara yang lain, khususnya dengan Presiden Republik Indonesia," ujarnya.

LONTARKAN PUJIAN
Setya Novanto secara resmi kembali menjabat sebagai Ketua DPR RI setelah anggota parlemen menyetujuinya lewat rapat paripurna, Rabu petang.

Novanto mengucapkan rasa terima kasih kepada Ade Komarudin yang telah menjabat sebagai Ketua DPR dalam 11 bulan terakhir dan disebutnya bekerja dengan baik.

"Saya juga berterima kasih kepada Ade Komarudin yang telah bekerja secara maksimal dan baik serta berkontribusi besar bagi kepentingan DPR RI dan bangsa Indonesia," katanya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Novanto berjanji akan menjalankan amanah yang diberikan kepadanya dengan sebaik-baiknya dan menekankan dirinya beserta jajaran pimpinan DPR lain akan bekerja keras menjalankan amanah sesuai harapan rakyat.

"Tentu saya akan mengabdi bagi kepentingan bangsa dan negara dan saya bersama pimpinan lain yang dulu sudah bekerjasama dengan baik dan kompak," katanya.

Ketua Umum Partai Golongan Karya itu mengatakan juga akan membina hubungan yang baik dengan pimpinan lembaga negara yang lain, khususnya dengan Presiden Joko Widodo.

"Mudah-mudahan dengan kerja sama ini, kita bisa melaksanakan dan mewujudkan presidensil yang baik dan juga program-program kelembagaan DPR," kata dia.

Apps Bisnis.com available on:    
Ayo cek artikel "Writing Contest: Hemat Energi Secara Total" berhadiah hampir Rp100 juta yang lolos seleksi tahap awal di sini! Share artikel favorit Anda dan vote sebanyak-banyaknya!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!