Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 20 November 2017

STIE Ekuitas Lantik 216 Wisudawan

Agne Yasa Sabtu, 29/10/2016 13:29 WIB
STIE Ekuitas Lantik 216 Wisudawan
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas melantik 216 wisudawan pada Wisuda Gelombang II tahun akademik 2016/2016 di Gedung Serbaguna Bank bjb Jl. Naripan, Bandung pada Sabtu (29/10/2016)
istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas yang berada di bawah naungan Yayasan Kesejahteraan Pegawai Bank Jabar Banten (bjb) melantik 216 wisudawan pada Wisuda Gelombang II tahun akademik 2016/2016 di Gedung Serbaguna Bank bjb Jl. Naripan, Bandung pada Sabtu (29/10/2016).

Wisuda ini dipimpin langsung oleh Ketua STIE Ekuitas Prof. Ina Primiana dalam Sidang Terbuka Senat STIE Ekuitas. Ketua STIE Ekuitas Prof. Ina Primiana mengatakan para alumni STIE Ekuitas harus dapat merespon dan menangkap tantangan dan masa depan.

"Saya yakin hanya bagi para wisudawan yang sensitif dengan perubahan yang dapat meraih keberhasilan, kesempatan tidak otomatis datang tetapi harus dikejar dan diraih," kata Prof. Ina Primiana.

Dia berharap dimanapun nantinya para alumni ini berkarya akan tetap membawa nama baik STIE Ekuitas dan suatu saat ketika akan kembali lagi ke STIE Ekuitas untuk pendidikan.

"Lulusan STIE Ekuitas sudah dibekali dengan pengetahuan dan keahlian sehingga ketika lulus siap pakai dalam bekerja," ujarnya.

Adapun wisudawan berasal dari program studi Magister Manajemen (S2) sebanyak 1 orang, program studi Manajemen (S1) sebanyak 92 orang, program studi Akuntansi (S1) sebanyak 61 orang, program studi Keuangan & Perbankan (D3) sebanyak 48 orang dan program studi Akuntansi (D3) sebanyak 14 orang.

Dalam Wisuda Gelombang II tahun akademik 2015/2016 ini terdapat beberapa wisudawan serta wisudawati yang dinyatakan lulus dengan predikat cum laude (dengan pujian) yaitu 6 orang dari Program Studi S1 Manajemen, 12 orang dari Program Studi S1 Akuntansi, 1 orang dari Program Studi D3 Keuangan & Perbankan, dan 2 orang dari Program Studi D3 Akuntansi.

Prof. Ina menambahkan STIE Ekuitas berusaha terus meningkatkan layanan di berbagai bidang dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa. Layanan tersebut baik yang bersifat akademik maupun non akademik.

"STIE Ekuitas telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak baik lembaga pemerintah maupun swasta, baik di dalam negeri maupun luar negeri," ujarnya.

Dia menambahkan bagi mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja sudah disiapkan program Capacity Building agar nantinya siap ketika akan memasuki dunia kerja. Adapun untuk mahasiswa yang ingin berwirausaha sudah disiapkan program Studepreneur yang bekerja sama dengan Kadin Jabar.

"Mulai semester Tahun Akademik 2016/2017 juga dibuka Program Kerjasama STIE Ekuitas dengan Bank bjb untuk mempersiapkan mahasiswa terpilih yang akan bekerja di Bank bjb dalam Program Talent Scouting atau Program Ikatan Dinas Bank bjb," katanya.

Selain itu, dia menambahkan STIE Ekuitas juga telah bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota bandung dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia serta pertumbuhan perekonomian, keuangan, emlalui kegiatan di bidang pendidikan, pelatihan, epnelitian dan pengabdian pada masyarakat sebagai kontribusi bagi pembangunan serta dengan Pemkot Cimahi untuk pengembangan inovasi dan kewirausahaan.

STIE Ekuitas juga memberikan program Bahasa Inggris bagi mahasiswa tingkat akhir.

"Sejak tahun 2013, STIE Ekuitas juga terus menajajki kerja sama dengan universitas di luar negeri untuk merealisasi visi sebagai Perguruan Tinggi bertaraf internasional 2026," ungkapnya.

Beberapa kerja sama STIE Ekuitas  tersebut diantaranya dengan Kolej University Islam antarbangsa Selangor Malaysia, Young San University Korea, Kanazawa University Jepang, Fontys International Business School Belanda, University of Kualalumpur Malaysia, City Institute Autralia, dan lainnya.  

Dalam acara wisuda kali ini turut hadir Wojtek Wawrzynski dari Australia Studi sebagai konsultan pendidikan internasional dan Fabio Mejia dari Australian College Business Intelligence (ACBI) yang bergerak di bidang penyedia pelatihan untuk penandatanganan kerja sama dengan STIE Ekuitas.

Adapun kerja sama tersebut dilakukan dalam bidang lecturer & Student exchange, joint research, joint conference, promosi pendidikan.

Selain penandatangan kerja sama dengan luar negeri juga dilakukan kerja sama dengan PT Indonesia Power dengan program pendampingan dan pengembangan pemberdayaan masyarakat di wilayah PT Indonesia Power yaitu UP Saguling.

Prof. Ina Primiana mengatakan penandatangan kerja sama ini merupakan rangkaian dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan STIE Ekuitas yang lebih prima kepada para stakeholders, termasuk untuk daya siang mahasiswa di era persaingan global seperti sekarang.

"STIE Ekuitas sudah memulai agar mahasiswa jangan melihatnya inward looking saja tapi juga harus outward looking karena persaingan yang semakin ketat," pungkasnya. (k5)  


Apps Bisnis.com available on: