Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 13 Desember 2018

Dana Bagi Hasil Cukai Cimahi Meningkat

Hedi Ardia Selasa, 11/10/2016 15:59 WIB
Dana Bagi Hasil Cukai Cimahi Meningkat

Bisnis.com, CIMAHI - Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Cimahi mengklaim pengelolaan pajak rokok yang dilakukannya selama ini tidak ada masalah. Bahkan, penerimaannya cendrung meningkat setiap tahunnya.

Sekretaris Dispenda Kota Cimahi Yunita R Widiana mengungkapkan, terkait pengelolaan pajak rokok yang dalam hal ini disebut dengan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dibagi menjadi dua hal yakni pemanfaatannya oleh Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) dan Bappeda yang mengalokasikan.

"Selain itu, membuat kegiatan yang mendukung peningkatan pajak rokok agar kab/kota dapat terus meningkatkan potensi-potensi daerahnya terkait pajak rokok ini," katanya, kepada wartawan, Selasa (11/10/2016).

Menurutnya, semua hal-hal diatas tertuang dan mengikuti petunjuk teknis yang berlaku dari provinsi. Dengan kata lain, pajak rokok itu sebenarnya ada di provinsi, sementara kab/kota ada pada dana bagi hasilnya saja yang biasa disebut DBHCHT.

Sementara untuk pengelolaan dari DHBCHT ada pada dinas pengelola masing-masing seerti Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pertanian, Humas, Bappeda dan DPKAD. Bappeda menjadi koordinatornya.

"Mengenai pemungutannya, kami berharap dapat bersinergi dan meningkatkan pengelolaan administrasi pendapatan daerah serta meningkatkan potensi pajaknya. Sesuai dengan juknis yang telah ditetapkan oleh provinsi," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, total nilai DBHCHT yang diterima Cimahi pada 2016 sebesar
Rp19.167.412.334,00. Setiap tahunnya tren penerimaan DBHCHT Cimahi mengalami kenaikan.