Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Gandeng Raisa, OPPO Targetkan Peningkatan Penjualan F1S

Agne Yasa Kamis, 06/10/2016 17:59 WIB
Gandeng Raisa, OPPO Targetkan Peningkatan Penjualan F1S
Media Engagement PT Indonesia OPPO Electronics Aryo Meidianto (kiri) dan Regional Manager OPPO Indonesia untuk wilayah Jawa Barat Phil Yan (tengah) menunjukkan produk OPPO di Bandung pada Kamis (6/10/2016)
Bisnis/Agne

Bisnis.com, BANDUNG - OPPO mempromosikan kembali perangkat terlarisnya tahun ini yaitu F1s Selfie Expert ketiga yang telah diperkenalkan awal Agustus 2016 lalu dengan mengandeng penyanyi Raisa lewat Handmade Tour.

Regional Manager OPPO Indonesia untuk wilayah Jawa Barat Phil Yan mengatakan di Bandung sendiri, perangkat F1s sangat digemari oleh konsumen.

"Sejak kemunculan model F1s di Bandung, respon perangkat ini sangatlah baik. F1s menyumbang 48% kontribusi penjualan OPPO di Bandung," ujar Phil di Bandung pada Kamis (6/10/2016).

Phil menambahkan produk F1s di wilayah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, sejak diperkenalkan pada 11 Agustus 2016 sampai dengan akhir September 2016 telah terjual 10.000 unit.

"Produk F1s ini banyak mencetak angka penjualan di Kota tp tidak memungkiri juga bahwa kabupaten menyumbang angka yang cukup banyak," ujar Phil.

Phil menambahkan setelah adanya F1s, penjualan produk high end saat ini dalam kondisi bagus.

"Untuk harga Rp3,8 juta, tidak disangka banyak peminat F1s, angka yang dihasilkan di luar ekpekstasi," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya menargetkan penjualan F1s pada bulan Oktober 2016 ini di wilayah kota dan kabupaten Bandung dapat mencapai 6.500 unit.

"Sampai dengan Desember targetnya dua kali lipat dari bulan Oktober ini yaitu sekitar 12.000 unit," ujarnya.

Phil mengungkapkan untuk mencapai target tersebeut pihaknya juga melakukan berbagai strategi yaitu meningkatkan servis terutama dari service center dan strategi marketing tersendiri.

"Di Bandung saat ini ada dua service center, rencananya akan ada service center ke pinggiran Bandung, seperti di daerah Ujungberung dan Cimahi," ujarnya.

Phil menambahkan satu service center di area Cimahi direncanakan sudah dapat beroperasi menjelang Desember mendatang. Adapun untuk area Ujungberung, pihaknya masih mencari posisi yang strategis.

"Service Center OPPO di Jalan Pajajaran Bandung saat ini merupakan yang terbesar di kawasan Asia Tenggara," ujarnya.

Dia mengatakan penambahan service center ini didorong dengan penjualan Oppo F1s yang terbilang bagus. Phil mengatakan ini merupakan salah satu strategi OPPO untuk perluasan area tidak hanya di kota saja.

"Kami berharap pemakai OPPO di area Bandung ini dapat menikmati layanan tanpa jauh dari rumah," ujarnya.

Adapun dari sisi penjualan, Phil mengungkapkan pihaknya akan gencar masuk ke toko-toko agar konsumen lebih mudah mendapatkan produk OPPO

"Awalnya berpikir akan sulit susah dijual di area pinggiran kota tapi ternyata bagus. Bahkan banyak kondisi tidak ada uang mau mengajukan kredit," ujarnya.

Media Engagement PT Indonesia OPPO Electronics Aryo Meidianto mengungkapkan untuk layanan purna jual, OPPO menargetkan 200 service center hingga akhir tahun 2018.

"Sekarang baru ada 60 service center," ujarnya.

Dari sisi penjualan, Aryo mengungkapkan saat ini OPPO masih fokuskan lini penjualannya melalui offline.

"Fokus offline sekitar 80% lebih dan sisanya online," ujarnya.

Dia menambahkan hal ini karena sebagian besar konsumen Indonesia masih membutuhkan pengalaman (experience) produk secara langsung sebelum membelinya.

Adapun untuk kolaborasi dengan Raisa untuk produk F1s, Aryo mengungkapkan ini merupakan kemitraan pertama kalinya dengan Raisa.

"OPPO juga merupakan produsen smartphone yang memiliki pengguna terbanyak di kalangan muda. Kolaborasi ini akan membawakan pengalaman terbaik badi konsumen OPPO dan fans Raisa," ujarnya.

Adapun F1s merupakan perangkat pertama yang terjual 10.000 unit pada hari penjualan perdananya dan menjadi perangkat yang banyak terjual dibandingkan lini seri lainnya.

"F1s sendiri memang diposisikan untuk kalangan muda yang aktif menggunakan sosial media dan memiliki keunggulan dari kamera," ujar Aryo.

Dia menambahkan jargon Selfie Expert memposisikan perangkat ini untuk digunakan oleh konsumen yang menyenangi fitur selfie yang menjadi tren di kalangan anak muda. F1s tidak hanya menawarkan fitur yang berkaitan dengan kamera, kemampuan perlindungan keamanan terhadap data pada perangkat ini juga diperhatikan OPPO dengan hadirnya fitur pemindai sidik jari "Fast Touch Access" yang memiliki respon waktu 0,22 detik. Pemindai sidik jari ini juga dapat dikustomisasi dengan pintasan menuju sebuah aplikasi.

Selain itu, F1s dirancang dengan spesifikasi dengan prosesor octacore, 2GB RAM, 32 GB ROM dan dukungan dua kartu 4G LTE.

"Produk F1s memiliki TKDN 21,08%, untuk produksi dilakukan di pabrik OPPO Tangerang yang memiliki kapasitas produksi 550ribu unit untuk kurang lebih 7 produk saat ini," ujar Aryo. (k5)

Apps Bisnis.com available on: