Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 17 Oktober 2017

Komunitas Bandung Dukung Ciptakan Ekosistem Startup Digital

Agne Yasa Rabu, 07/09/2016 18:40 WIB
Komunitas Bandung Dukung Ciptakan Ekosistem Startup Digital
Road to Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Bandung
Bisnis/agne

Bisnis.com, BANDUNG - Kota Bandung akan menjadi tuan rumah Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital pada November mendatang. Gerakan nasional 1.000 Startup Digital merupakan sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mendirikan startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Adapun sebelum pencarian startup founder ini dimulai, Bandung terlebih dahulu menggelar Road to Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Bandung pada awal September ini.

Hadir dalam kesempatan tersebut Inisiator Gerakan 1.000 Startup sekaligus Chief Executive KIBAR Yansen Kamto, dan Initiator Forum Web Anak bandung (FOWAB)Yohan Totting sekaligus inisiator lokal Bandung dari Gerakan 1.000 Startup Digital beserta kedua rekan inisiator lainnya yaitu Adryan Hafizh dan Dicky Sukmana.

Gerakan nasional untuk mencetak seribu startup digital ini merupakan program hasil kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan KIBAR yang bertujuan mencetak 1.000 perusahaan rintisan berbasis teknologi digital yang berkualitas pada tahun 2020.

Chief Executive KIBAR Yansen Kamto mengatakan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital telah menyiapkan rangkaian program yang akan dijalankan di 10 kota Indonesia dengan tahapan Ignition, Workshop, Hackathon, Bootcamp, dan Incubation.

"Tahapan Ignition yaitu seminar menanamkan pola pikir entrepreneurship. Workshop yaitu pembekalan keahlian dalam membuat startup digital. Hackathon yaitu pembentukan tim untuk menghasilkan prototipe produk dari ide solusi aplikasi. Bootcamp yaitu sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. Incubation yaitu pembinaan secara intensif bagi startup agar siap memasuki ekosistem digital," jelasnya.

Adapun Road to Gerakan nasional 1.000 Startup Digital di Bandung ini menjadi langkah awal untuk merangkul lebih banyak anak muda kreatif dan inovatif guna menciptakan beragam solusi permasalahan yang dihadapi Indonesia secara digital.

Initiator Forum Web Anak bandung (FOWAB)Yohan Totting mengatakan gerakan ini ingin menyebarkan virus tartup digital sampai ke pelosok negeri, menjangkiti anak muda yang awalnya apatis menjadi generasi kritis yang aktif bergerak menciptakan solusi yang memberi manfaat bagi masyarakat.

"Perlu diketahui bahwa program ini bukan kompetisi untuk mendapatkan hadiah atau penghargaan tertentu, namun merupakan sebuah gerakan yang bertujuan menciptakan ekosistem startup digital berkelanjutan yang memecahkan masalah besar yang berdampak bagi Indonesia," ujar Yohan.

Adapun Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital ini akan menyambangi sepuluh kota di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Makassar, dan Pontianak dan Medan. Informasi terkait  hal ini dapat dilihat di 1000startupdigital.id (k5)

Apps Bisnis.com available on: