Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 18 Desember 2017

BI Pertajam Kajian Dan Pengukuran Daya Saing Daerah

Abdalah Gifar Selasa, 06/09/2016 18:37 WIB
BI Pertajam Kajian dan Pengukuran Daya Saing Daerah
Bank Indonesia

Bisnis.com, BANDUNG—Bank Indonesia mempertajam kajian maupun pengukuran terhadap daya saing daerah. Hal itu dilakukan dalam upaya pemerataan ekonomi sekaligus penggalian sumber-sumber pertumbuhan baru di daerah yang bisa menopang pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Hendar mengatakan pihaknya menjajaki berbagai kemungkinan sistem pengukuran daya saing daerah yang tidak hanya menghasilkan pemeringkatan daerah berdasarkan daya saingnya.

“Mungkin akan ada sistem klaster atau pengelompokkan. Dan memang BI merasa penting dengan itu, terutama dari sisi aspek kebijakan ketika kita menghadapi persoalan yang tantangan terbesar saat ini,” katanya selepas acara Diseminasi Buku dan Seminar Formulasi Strategi dan Kebijakan Penumbuhan Daya Saing Daerah, di Bandung, Senin (6/9) petang.

Dia menjelaskan, jika beberapa kabupaten/kota share industri terhadap produk domestik regional bruto (PDRB)-nya menurun, persoalan itu menjadi perhatian BI untuk mengangkat kembali kontribusi industri lokal.

“Bisa dikatakan pertumbuhan ekonomi kuartal II/2016 memang lebih tinggi dari triwulan I/2016, tetapi kalau kita lihat secara parsial, pertumbuhan itu lebih banyak di-drive oleh pertumbuhan ekonomi di daerah Sumatera dan Jawa,” ujarnya.

BI turut menyoroti pertumbuhan ekonomi yang negatif di sejumlah wilayah Indonesia Timur, termasuk Kalimantan, akibat terlalu bergantungnya daerah tersebut pada pertambangan sehingga perekonomiannya turut melambat saat harga komoditasnya jatuh.

Hendar menyatakan problematika itu tidak dapat dibiarkan meskipun secara stabilitas makro perekonomian nasional relatif telah terjaga dengan current account deficit dan tingkat inflasi yang masih berada dalam kisaran aman ketika tidak ada gejolak administered prices.

“Jadi saya kira sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru itu menjadi sangat penting. Mudah-mudahan dengan kita bisa menampilkan daya saing daerah, akan mengundang investor untuk masuk ke situ,” tuturnya.

Apps Bisnis.com available on: