Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 22 Oktober 2018

Aher Minta Kepala Daerah Di Jabar Jangan Sepelekan Opini WTP

Wisnu Wage Jum'at, 19/08/2016 17:32 WIB
Aher Minta Kepala Daerah di Jabar Jangan Sepelekan Opini WTP
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan
Jabarprov.go.id

Bisnis.com,BANDUNG00Gubernur Ahmad Heryawan meminta kepada bupati dan wali kota melakukan program pembangunan yang lebih terarah dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Untuk merespon berbagai isu dan permasalahan pembangunan, serta pelibatan multi stakeholders dalam memujudkan hasil pembangunan yang lebih bermakna, perlu saya sampaikan beberapa hal kepada jajaran Pemerintah Daerah,” katanya, Jumat (19/8/2016).

Ada tiga hal yang Gubernur sampaikan kepada para Bupati/Walikota di daerahnya ini. Pertama, Gubernur meminta agar pemda selalu mengedepankan sukses pelaksanaan pembangunan melalui paradigma baru penyusunan program dan anggaran yang berorientasi pada output dan outcome kelembagaan, serta memiliki indikator yang jelas, terukur, dan mudah dipahami oleh seluruh pegawai dan auditor intern maupun ekstern pemda.

Kedua, kegiatan dan penyerapan anggaran supaya dibuat lebih cermat, sehingga bisa direalisasikan tepat waktu dan tepat sasaran. Ketiga, Gubernur menginstruksikan agar Bupati/Walikota serta para Kepala OPD Pemprov Jawa Barat dan Kabupaten/Kota bisa mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP), sebagai salah satu indikator pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan secara transparan dan akuntabel. 

"Opini WTP ini penting juga sebagai salah satu representasi APBD yang berorientasi pada kemajuan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat," katanya.

Gubernur juga mengaku bahwa banyak tantangan untuk mencapai ketiga hal tersebut. Namun, pihaknya terus mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur sebagai sarana untuk mencapai pembangunan yang lebih bermakna, yakni pembangunan yang terarah dan bermanfaat secara langsung untuk masyarakat.

“Kita harus terus membangun SDM kita lebih baik lagi agar bisa bersaing dengan dunia global. Kita juga terus memperbaiki sistem pemerintahan kita, melakukan langkah-langkah perbaikan untuk perekonomian, infrastruktur kita. Jadi kalau infrastruktur bagus, SDM bagus, regulasi bagus, ada kepastian hukum, ada jaminan keamanan maka Insya Allah kemajuan ekonomi dan lainnya akan terjamin,” paparnya.